Mampukah Joan Mir Teruskan Tradisi Pembalap Spanyol Segel Juara MotoGP di Valencia?

Kamis, 12 November 2020 - 20:01 WIB
loading...
Mampukah Joan Mir Teruskan Tradisi Pembalap Spanyol Segel Juara MotoGP di Valencia?
Tak perlu mengambil risiko yang berlebihan, pembalap berusia 23 tahun itu hanya perlu bermain aman untuk mendapatkan podium di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (15/11/2020). Jika skenario itu berjalan sesuai rencana, Mir bakal keluar sebagai juara dunia Moto
A A A
VALENCIA - Tak terasa MotoGP 2020 akan segera berakhir. Sekarang hanya tersisa dua seri balapan lagi untuk menentukan siapa yang layak keluar sebagai juara dunia musim ini.

Joan Mir , Fabio Quartararo, dan Alex Rins sama-sama masih memiliki kans untuk menjadi juara dunia MotoGP musim ini. Saat ini Mir menduduki peringkat teratas pada klasemen pembalap sementara MotoGP 2020 dengan raihan 162 poin.

Mir unggul 37 angka dari pesaing tedekatnya, yakni Quartararo dan Rins. Dengan stempel juara dunia yang semakin dekat ini, Mir tampaknya sudah tak sabar segera mengaspal di lintasan pacuan kuda besi yang memiliki 14 tikungan tersebut. (Baca juga: Mir, Quartararo atau Rins, Siapa Pun Juaranya Bakal Koleksi Nilai Terendah dalam Sejarah MotoGP )

Tak perlu mengambil risiko yang berlebihan, pembalap berusia 23 tahun itu hanya perlu bermain aman untuk mendapatkan podium di Sirkuit Ricardo Tormo. Jika skenario itu berjalan sesuai rencana, Mir bakal keluar sebagai juara dunia MotoGP 2020.

Tak hanya itu saja, Mir juga bisa meneruskan tradisi juara pembalap asal Spanyol di Valencia. Marc Marquez dan Jorge Lorenzo merupakan dua pembalap tuan rumah yang berhasil menyegel gelar di depan pendukungnya. (Baca juga: Joan Mir Rela jika Tim Suzuki Minta Jadi Pengawal Rins )

Marquez mengunci gelar juara dunia pada 2013 di Valencia. Itu merupakan gelar pertamanya sejak ia naik kelas ke MotoGP.

Dua tahun berselang, giliran Lorenzo yang menyegel perburuan gelar MotoGP di Valencia. Pembalap berjuluk X-Fuera itu berhasil memanfaatkan ketegangan yang terjadi antara Valentino Rossi dan Marquez, sebelum akhirnya keluar sebagai juara dunia di seri pemungkas tersebut.

Status Sirkuit Ricardo Tormo sebagai penentu gelar juara juga terjadi pada 2017. Saat itu Marquez berhasil keluar sebagai pemenang setelah Andrea Dovizioso gagal menyentuh garis finis. Melihat keberhasilan para seniornya, akankah Mir mampu meneruskan tradisi mengunci gelar juara dunia MotoGP di Valencia?
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1624 seconds (0.1#10.140)