Resmi Jadi WNI, Marc Klok Bisa Bela Timnas Indonesia

Kamis, 12 November 2020 - 18:13 WIB
loading...
Resmi Jadi WNI, Marc Klok Bisa Bela Timnas Indonesia
Marc Klok mencium bendera Merah Putih./foto/persija
A A A

JAKARTA - Daftar pemain naturalisasi Indonesia bertambah setelah Marc Klok menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Pemain kelahiran Amsterdam, Belanda itu menuntaskan tahap akhir yaitu pengambilan sumpah WNI Kantor Kementerian Hukum dan Ham Wilayah DKI Jakarta, Kamis (12/11). Dia pun memiliki peluang untuk memprekuat timnas Indonesia jika dipanggil pelatihShin Tae-yong

Proses pengambilan sumpah Klok pun berjalan lancar. Pemain berusia 27 tahun itu juga secara fasih menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. “Demi Tuhan saya bersumpah untuk melepaskan kekuasaan asing dan tunduk kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945,” ucap sumpah Klok seperti dikutip situs resmi Persija .

Pemilik nomor punggung 10 di Persija ini menyatakan, sangat gembira dengan kabar ini. Dia berharap dapat memberikan yang terbaik untuk Indonesia. “Sangat senang dan terima kasih kepada Persija dan seluruh pihak yang mendukung. Akhirnya saya menjadi orang Indonesia dan bisa bermain di Timnas. Saya berharap bisa memberikan prestasi tertinggi untuk negara ini,” tambah Klok.

Baca Juga:Sambut Marc Klok Jadi WNI, PSSI Buka Pintu untuk Timnas

SebelumKlok, pemain bertahan Persija Jakarta, Otavio Dutra menjadi pemain yang resmi menjadi WNI. Pemain Brasil itu telah diambil sumpah di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur di Surabaya, akhir September 2019. Setelah mengucapkan sumpah, Dutra sangat bahagia akhirnya menjadi WNI. Sebab, permohonan bek asal Brasil menjadi WNI itu dikabarkan telah dilakukan sejak awal 2017. "Ini seperti mimpi, saya senang dan bangga bisa menyelesaikan pengambilan sumpah menjadi WNI hari ini," ungkap Dutra.

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak pemain asing menjadi WNI. Sebagian besar pengajuan perubahan status tersebut diinisasi oleh klub. Berbeda dengan awal awal program dilakukan, dimana pengajuan status perubahan status warga negara melihat kebutuhan timnas. Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyambut gelandang Macan Kemayoran Marc Anthony Klok menjadi WNI.

Menurut dia, PSSI siap memanggil pemain yang bersinar bersama PSM Makassar itu menjadi penggawa tim nasional Indonesia senior. "Klok pemain hebat, dia sudah menunjukkan talentanya saat bermain di beberapa liga di Eropa, lalu di PSM Makassar dan saat ini bermain di Persija Jakarta,” kata Iriawan.
(ruf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2051 seconds (0.1#10.140)