Selain Sepak Bola, Basket Juga Lakukan Naturalisasi Pemain

Jum'at, 13 November 2020 - 17:32 WIB
loading...
Selain Sepak Bola, Basket Juga Lakukan Naturalisasi Pemain
Brandon Jawato dan Lester Proper saat mengikut rangkain persyaratan sebelum menjadi WNI./foto/perbasi.
A A A

JAKARTA - Bukan hanya sepak bola, demam naturalisasi juga melanda basket Indonesia. Setelah menunggu hampir satu tahun, Brandon Jawato dan Lester Proper resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Mereka resmi mengucapkan sumpah warga negara Indonesia di Kantor Kemenkumham wilayah DKI Jakarta, Kamis (12/11).

Kepastian tersebut disampaikan manajer Timnas Putra Maulana Fareza Tamrela, yang bersama Sekjen PP Perbasi , Nirmala Dewi. Keduanya mendampingi Brandon dan Lester melakukan tahapan penting dalam penetapan status kewarganegaraan Indonesia. “Pembacaan sumpah Brandon dan Lester berjalan lancar,” ucap Fareza yang biasa dipanggil Mocha dalam rilis disitus resmi perbasi.or.id.



Kini mereka tinggal mengurus KTP dan Paspor sebagia bukti resmi sebagai WNI. Persyarat Perbasi harus bergerak cepat karena paspor menjadi persyaratan pendaftaran pemain ke FIBA. Sebab, dari awal, Lester dan Brandon dinaturalisasi memang untukmasuk skuad timnasIndonesia di Kualifikasi FIBA Asia 2021 dan FIBA World Cup 2023. “Tinggal proses pembuatan KTP dan Paspor. Semoga bisa berjalan dengan lancar. Saat ini, kami diburu waktu. Sebab, memang batas waktu pendaftaran sesuai FIBA itu Senin (16/11),” tambah Mocha.

Perjalanan naturalisasi kedua pemain berdarah Amerika Serikat ini berlangsung panjang. Sudah diusulkan sejak Oktober tahun lalu,keduanya harus melewati beberapa tahapan hingga akhirnya resmi menjadi WNI.Perbasil bahkan sempat khawatir karenaada beberapa jadwal yang menjadi rangkain persyaratan menjadi WNImundur akibat dari pandemi covid-19.

Lester dan Brandon memang diharapkan bisa memperkuat Timnas Basket di Kualifikasi FIBA Asia 2021. Indonesia harus menjalani dua pertandingan tandang ke Korea Selatan dan Thailand. Indonesia membidik lolos ke putaran kedua kualifikasi FIBA Asia. Demi memenuhi target tersebut minimal harus peringkat ketiga grup A. Saat ini Indonesia di posisi empat dibawah Filipina, Korea Selatan dan Thailand.

Sebelum menjadi WNI, keduanya sudah memperkuat Timnas di kompetisi IBL Pertamax 2020 bersama tim Indonesia Patriots. Brandon bahkan telah masuk daftar pelatnas yang berlangsung di Bandung. Selain Lester dan Brandon, ada juga pemain berdarah Amerika Serikat yang hendak dijadikan WNI yaitu Kim Pierre-Louis. “Puji Tuhan. Terima kasih buat dukungan dan doa dari rekan semua, sehingga akhirnya naturalisasi buat Brandon dan Lester sudah selesai. Semoga bisa memberikan prestasi terbaik untuk Indonesia,” tambah Danny Kosasih, Ketua Umum PP Perbasi.
(ruf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1437 seconds (0.1#10.140)