Dua Cabor Asal Indonesia Diharapkan Tampil di Olimpiade 2032

Jum'at, 13 November 2020 - 23:55 WIB
loading...
Dua Cabor Asal Indonesia Diharapkan Tampil di Olimpiade 2032
Raja Sapta Oktohari./foto/ist
A A A


JAKARTA - President National Oympic Committee (NOC) Indonesia Raja Sapta Oktohari berharap dua cabang olahraga asal Indonesia diharapkan bisa ambil bagian jika Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 . Dua cabor tersebut yakni pencak silat dan sepak takraw. Raja Sapta Oktohari yang akrab disapa Okto mengatakan bahwa kehadiran dua cabor tersebut bisa mendorong potensi Indonesia sebagai tuan rumah nantinya untuk meraih medali.

"Pencalonan kita jadi tuan rumah plimpiade 2032 tentu harus ada nomor-nomor yang diandalkan Indonesia. Cabor wajib yang diminta IOC (Indonesia Olympic Committee) ada 28, sertalima cabor tambahan yang akan kami dorong untuk cabang dan nomor potensi medali," kata Okto, Jumat (13/11).

Selain itu, Indonesia juga akan mendorong cabor yang berasal dari Asia Tenggara untuk dimainkan di Olimpiade 2032. Sebab, jika Indonesia terpilih sebagai tuan rumah Olimpiade 2032, itu bakal menjadi catatan sejarah untuk pertama kalinya negara Asia Tenggara menjadi tuan rumah perhelatan akbar ajang multievent terbesar di dunia.



Okto berharap National Federarion (NF) dari pencak silat (PB IPSI) dan sepak takraw (ISTAF) bisa pro aktif menjalin komunikasi untuk membuka kemungkinan keduanya tampil di Olimpiade 2032. "Kita cuma punya waktu 12 tahun. Kami juga sudah buka ISTF. Semoga komunikasi itu bisa efektif supaya keinginan untuk keduanya tampil di Olimpiade 2032 bisa terwujud. Kedua federasi cabor itu juga harus punya planning atau roadmap yang inline dengan NOC untuk memuluskan niatan tersebut. Sebab menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 merupakan bagian dari roadmap NOC Indonesia," jelas Okto.
(ruf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4645 seconds (0.1#10.140)