Senam Sundul Langit, Terobosan Kemenpora dalam Mendorong Semangat Olahraga

Minggu, 15 November 2020 - 06:53 WIB
loading...
Senam Sundul Langit, Terobosan Kemenpora dalam Mendorong Semangat Olahraga
Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) kembali membuat sebuah terobosan dalam memupuk semangat olahraga bagi semua level masyarakat / Foto: Kemenpora
A A A
JAKARTA - Kementerian Pemuda dan Olahraga ( Kemenpora ) kembali membuat sebuah terobosan dalam memupuk semangat olahraga bagi semua level masyarakat. Terbaru, Kementerian yang dipimpin oleh Zainudin Amali ini melahirkan sebuah gerakan senam yang diberi nama Senam Sundul Langit.

Senam Sundul Langit adalah senam yang dikreasikan dengan gerakan-gerakan yang ada di dalam olahraga sepak bola seperti gerakan Juggling, menggiring bola, sundulan, gerakan kipper, sampai dengan gerakan selebrasi gol.

Kemenpora memperkenalkan senam Sundul Langit ini melalui kreasi gerakan olahraga sepak bola yang populer di Indonesia dengan harapan agar dapat meningkatkan minat anak-anak muda untuk berolahraga melalui senam Sundul Langit . (Baca juga: Tahan Gibraltar, San Marino Bukukan Sejarah dengan Catat Dua Hasil Imbang Beruntun )

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, membuka workshop Senam Sundul Langit bulan lalu, tepatnya pada tanggal 7 Oktober 2020 secara Virtual. Beliau berharap senam ini dapat membuat anak-anak muda Tanah Air semakin semangat untuk berolahraga dengan tujuan menjaga kesehatan, kebugaran dan meningkatkan imunitas tubuh.

"Dengan memupuk minat masyarakat terhadap olahraga, khususnya sepak bola, diharapkan bisa meningkatkan prestasi atlet muda sepakbola sehingga dapat meraih prestasi tertinggi," ungkap Menpora dalam kesempatan berbeda. (Baca juga: Kante Bikin Portugal Keok Saat Jamu Prancis )

Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI, Raden Isnanta, menjelaskan secara gamblang bagaimana kemudian Senam Sundul Langit ini dicetuskan oleh Kemenpora.

"Senam ini semata-mata diciptakan untuk memberikan kemudahan dan semangat bagi generasi muda untuk senam dan bergerak. Dipilih gerakan sepak bola yaitu karena olahraga ini salah satu yang populer. Dengan gerakan ini, kita harap anak muda melakukan senam secara rutin," tutur Isnanta.

Usaha Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk kembali menggelorakan sepa kbola di masyarakat lewat berbagai macam cara memang tak terlepas dari persiapan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang. Pemerintah tentunya ingin semua elemen bisa memberikan dukungan penuh kepada Tim Nasional Indonesia yang akan berlaga dalam ajang tersebut serta mentransfer semangat kepada para pemain demi memetik prestasi tertinggi.

Selain itu, sebagai cabang olahraga paling diminati di Indonesia, sepak bola dianggap akan bisa dengan mudah diterima oleh semua lapisan masyarakat. Itulah kenapa gerakan-gerakan dasar sepabola diadaptasi dalam Senam Sundul Langit ini.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1550 seconds (0.1#10.140)