Cara FIFA Meredam Klub

Senin, 16 November 2020 - 10:36 WIB
loading...
Cara FIFA Meredam Klub
Foto/AFP
A A A
LONDON - Potensi kehilangan Joe Gomez hingga akhir musim memang menjadi pukulan telak bagi Liverpool. Namun, The Reds bisa sedikit bernapas lega karena FIFA akan memberikan kompensasi senilai 2 juta poundsterling.

Gomez mengalami cedera lutut yang serius dalam sesi latihan terakhir Inggris jelang pertandingan persahabatan melawan Republik Irlandia di Wembley Stadium, Jumat (14/11). Berdasarkan pemeriksaan, The Reds mengkonfrimasi bek berusia 23 tahun tersebut diperkirakan absen cukup lama dan berpeluang menepi hingga musim berakhir. (Baca: Keutamaan Shalawat, Utang Lunas dan Dikenali Nabi Muhammad)

“Masalahnya diisolasi ke tendon Gomez, tanpa kerusakan pada ligamen lutut terkait lainnya. Operasi untuk memperbaiki kerusakan, yang berlangsung di London pada Kamis (12/11) berjalan sukses dan pemain berusia 23 tahun itu akan pulih sepenuhnya,” ungkap pernyataan resmi Liverpool dilansir eurosport.com.

Merawat pemain cedera dan terus membayar gajinya jelas menjadi permasalahan bagi Liverpool. Tetapi, solusi terkait hal itu telah didapatkan. FA mengkonfirmasi kepada FIFA akan membayar uang untuk menutupi gaji Gomez, yang diketahui sekitar 80 ribu poundsterling per minggu. “Tidak ada skala waktu mengenai kapan dia kembali, meskipun masalah tersebut kemungkinan akan membuatnya absen untuk sebagian besar sisa musim 2020-21,” tambah keterangan tersebut.

Mengapa demikian? Usut punya usut, Pemain- pemain Inggris rupanya dilindungi program perlindungan klub FIFA, sebuah paket asuransi yang memungkinkan klub mengklaim langsung melalui skema tersebut. Perlindungan tersebut mencakup cedera pada pemain di semua pertandingan level A, pertandingan persahabatan, dan sesi pelatihan. (Baca juga: ITS Buat Pakan Ternak dari Fermentasi Limbah Pertanian)

Nantinya, FIFA akan menghitung kompensasi secara prorata sampai Gomez dapat memulai kembali latihan tim utama. Perlindungan maksimum di bawah skema ini adalah 6,75 juta poundsterling yang mencakup 365 hari, dihitung dengan tarif harian rata-rata maksimum 18,430 juta poundsterling.

Perlindungan tersebut tidak mencakup 28 hari pertama, tetapi klub Anfield masih akan mengajukan klaim sebesar 2 juta poundsterling. Aturan itu tertuang dalam techical bulletin FIFA Club protection programme.

Disebutkan bahwa selama periode rilis pertandingan internasional "A", para pemain mungkin menderita luka tubuh yang disebabkan oleh kecelakaan konsekuensi dari pertandingan sepak bola. Para pemain bisa menderita cedera atau cacat total sementara, itu mencegahnya berpartisipasi dalam pertandingan bersama klub.

Padahal, klub masih memiliki kewajiban untuk membayar gaji pemain sepak bola berdasarkan kontrak kerja. Karena pemain sepak bola tidak dapat bekerja untuk klub sepak bola selama cedera, FIFA telah memutuskan memberikan kompensasi atas kerugian yang dialami klub. Program ini akan memberikan kompensasi (berdasarkan gaji tahunan tetap pemain).

Program ini tidak akan memberikan perlindungan apa pun untuk cacat total permanen atau kematian atau biaya perawatan medis. Program hanya akan memberikan kompensasi klub sepak bola yang mempekerjakan pemain sepak bola yang cedera. (Baca juga: Tren Selfie Maut: Narsis Berujung Nyawa Melayang)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1994 seconds (0.1#10.140)