Joan Mir, Juara MotoGP 2020 Melawan Ketidakberdayaan

Senin, 16 November 2020 - 17:28 WIB
loading...
Joan Mir, Juara MotoGP 2020 Melawan Ketidakberdayaan
Joan Mir berhasil melawan ketidakberdayaan untuk menjadi juara MotoGP 2020. Foto : Reuters
A A A
VALENCIA - Tak pernah membayangkan kalau akhirnya Joan Mir tampil sebagai juara MotoGP 2020 . Maklum, sepak terjang pembalap Suzuki Ecstar ini memang menarik perhatian. Kenapa bisa begitu ?

Mir baru saja menancapkan namanya sebagai kampiun di kelas primer . Ia tak perlu banyak jadi juara di seri musim ini. Namun semua itu sudah cukup buatnya untuk menjadi kampiun. Tak heran kesuksesan ini disambutnya dengan penuh emosional. (Baca juga : Joan Mir, Juara MotoGP Tanpa Perlu Rutin Naik Podium Juara )

Mir berbagi kisah soal perjalanannya dalam menjalani karier sebagai pembalap. Ada banyak pengorbanan yang harus dilakukan dirinya serta orangtua untuk mewujudkan impian menjadi pembalap profesional. (Baca juga : Dongeng Tim Suzuki dan Gelar Bersejarah Joan Mir di MotoGP )

Pembalap Tim Suzuki Ecstar itu mengaku tidaklah berasal dari keluarga yang berada. Karena itu, ia tak memiliki dukungan secara finansial dari orangtuanya untuk semakin mengepakkan sayapnya di dunia balap motor. (Baca juga : Mentalitas Joan Mir Bikin Brivio Terkejut )

Mir remaja tak bisa seperti pembalap muda lainnya yang membayar tim untuk menjalani balapan. Ia murni hanya bisa mengandalkan bakatnya. Karena itu, pembalap asal Spanyol itu pun tak pernah berhenti berlatih. (Baca juga : Joan Mir Hapus Dahaga Gelar Suzuki Selama 20 Tahun )

Mimpi Mir pun akhirnya berbuah manis. Ia bisa mulai menjalani balapan di kelas Moto3 pada 2015 bersama tim milik Honda kala itu. Pada musim itu, ia tampil di satu balapan, yakni MotoGP Austria 2020. Aksinya pun tak berbuah manis karena gagal finis. (Baca juga : Jorge Lorenzo Puji Joan Mir: Sebagai Orang Spanyol dan Mallorca, Saya Bangga Padanya )

Pada 2016, Mir baru menjalani musim reguler di Moto3. Ia tergabung bersama KTM. Hasilnya sangat fantastis. Mir bisa finis di posisi kelima pada musim debutnya. Pembalap berusia 23 tahun itu meraih satu kemenangan dan dua poin. (Baca juga : Marc Marquez dan Dani Pedrosa Kompak Ucapkan Selamat untuk Joan Mir )

Semusim berikutnya, Mir menyabet gelar juara Moto3. Ia pun akhirnya naik ke kelas Moto2 pada 2018. Setahun di Moto2, Mir langsung mendapat kesempatan naik ke kelas MotoGP. Debutnya pada 2019 di kelas MotoGP sendiri tak terbilang manis. Rekan setim Alex Rins itu hanya finis di urutan ke-12. (Baca juga : Deretan Rekor Joan Mir Usai Juara Dunia MotoGP 2020 )

Tetapi, pada MotoGP 2020, ia berhasil menunjukkan peningkatan pesat. Mir bahkan keluar sebagai juara usai tampil konsisten sejak awal musim. Ia total meraih satu kemenangan dan enam podium. (Baca juga : Joan Mir Segel Gelar Juara Dunia MotoGP 2020 )

“Saya telah berjuang di sepanjang hidup saya untuk mencapai impian ini dan saya masih tidak percaya saya telah melakukannya. Ayah saya tidak punya uang untuk membayar tim agar saya bisa balapan,” ujar Mir, sebagaimana dikutip dari GP One, Senin (16/11/2020). (Lihat juga : Joan Mir Kunci Gelar Juara Dunia MotoGP 2020 )

“Jadi, satu-satunya kesempatan saya adalah menang sehingga sponsor memperhatikan saya dan membantu. Tapi, saya banyak berlatih. Ayah saya juga banyak berkorban. Saya memiliki mimpi ini dalam pikiran dan saya tidak pernah berhenti,” lanjutnya.

“Ada banyak orang yang saya harus ucapkan terima kasih. Pertama-tama, keluarga saya yang telah membantu saya di masa lalu dan Suzuki yang telah memberi saya kesempatan ini. Saya tidak menyangka menjadi juara di tahun kedua saya, tapi sekarang gelar itu milik saya,” tukas Mir.
(bbk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1646 seconds (0.1#10.140)