Jika Jadi Pemain, Legenda Italia Ingin Gabung Tim Pep Guardiola

Rabu, 18 November 2020 - 23:05 WIB
loading...
Jika Jadi Pemain, Legenda Italia Ingin Gabung Tim Pep Guardiola
Roberto Baggio saat masih mengenakan jersey Inter Milan./foto/inter.it
A A A

ROMA - Reputasi Pep Guardiola sebagai pelatih kelas dunia terus mendapatkan pengakuan dan apresiasi dari banyak pihak. Kali ini, kesan positif diberikan legendaris Italia, Roberto Baggio menjadikan bos Manchester City (Man City) itu sebagai favoritnya.

Melalui sebuah wawancara dengan majalah Vanity Fair edisi Italia. Baggio mendiskusikan hubungannya yang sering retak dengan beberapa pelatih sepanjang karier sepakbola pada 1990-an seperti Giovanni Trapattoni ketika di Juventus, Oscar Tabarez dan Arrigo Sacchi di AC Milan, Carlo Ancelotti di Bologna hingga Marcelo Lippi di Inter Milan.



Baggio mengakui permasalahan dengan pelatih adalah sesuatu yang wajar. Tetapi, Dia menilai itu sebenarnya bisa diminimalisir jika pelatih memahami karakter para pemainnya secara utuh. “Sepak bola akan selalu identik dengan pemain. Pelatih terbaik adalah mereka yang menyadari itu dan tahu bagaimana memperlakukan pemain dengan kejujuran, tahu bagaimana berbicara dengan mereka, bagaimana menjaga rasa hormat dan mendiskusikan masalah teknis. Saya ingin sekali bekerja dengan pelatih seperti itu. Anda dapat mempelajari taktik dengan belajar, tetapi lebih sulit untuk menemukan kualitas manusia,” kata Baggio dilansir football-italia.net.

Pria berusia 53 tahun tersebut menilai kriteria pelatih idamannya ada dalam diri Pep Guardiola, mantan rekan satu timnya di Brescia. Keduanya bekerja sama selama enam bulan pada tahun 2003, sebelum Baggio pensiun pada musim panas 2004. Menurut Baggio, Guardiola memiliki kualitas hebat bukan hanya dari sisi teknis, tetapi juga kepiawaiannya memahami pemain sehingga pemain tersebut mampu memberikan segenap kemampuan terbaiknya di lapangan.

Baggio bahkan mengaku sangat senang bila bisa bermain di bawah komando Guardiola yang telah meraih banyak kesuksesan bersara Barcelona, Bayern Muenchen dan Manchester City (Man City) tersebut. “Saya pikir pelatih yang saya inginkan untuk bermain di dalam timnya adalah Guardiola. Dengan segudang prestasi yang telah diraihnya sejauh ini, Dia adalah yang terbaik di bidangnya,” puji Baggio.
(ruf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3520 seconds (0.1#10.140)