Bersiaplah Akan Sejarah Baru di Seri Terakhir MotoGP 2020

Jum'at, 20 November 2020 - 11:32 WIB
loading...
Bersiaplah Akan Sejarah Baru di Seri Terakhir MotoGP 2020
Sembilan pembalap yang sukses di podium utamaMotoGP musim 2020./foto/motogp.com
A A A

PORTIMAO - Bersiap untuk kemungkinan melihat sejarah baru di MotoGP 2020 . Meski gelar sudah resmi menjadi milik pembalap Suzuki Ecstar Joan Mir ,jangan dilupakan masih ada beberapa kemungkinan rekor yang bisa saja tercipta pada seri balapan terakhir di GP Portugal mulai Jumat (20/11) sampai Minggu (22/11). Salah satunya kemungkinan adanya 10 pembalap berbeda di podium juara saat adu cepat di Sirkuit Portimao.

Sampai balapan seri terakhir di GP Valencia, sudah ada sembilan pembalap yang menjadi juara dari dari 13 seri yang berlangsung. Catatan tersebut menyamai rekor pada musim 2016. Nah, tahun ini, rekor baru berpeluang tercipta melihat tidak adanya rider yang dominan dalam setiap balapan, termasuk juara Mir. Meski dia menjadi juara dunia 2020, Mir hanya sekali merasakan podium juara yaitu di GP Eropa.

Persaingan itu dimulai dengan Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) yang berhasil menempati podium utama di seri pertama, dilanjutkan rookie Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) yang menjadi tercepat di GP Brno sekaligus menempatkan namanya sebagai pembalap Afrika Selatan pertama yang menjadi juara di kelas utama. GP Austria giliran rider veteran Andrea Dovizioso (Ducati Team) menemukan jalan kembali ke tangga juara, sebelum dikejutkan dengan capaian Miguel Oliveira (Red Bull KTM Tech 3) untuk kali pertama menjadi tercepat di GP Styrian sekaligus membuat dia menjadi pembalap pertama asal Portugal sebagai juara di kelas premier.



Kejutan berlanjut dengan Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) yang membuat kejutan dengan memenangkan persaingan sesama pembalapa Yamaha di GP Misano, sebelum ada Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha MotoGP) di GP Emilia Romagna. Selanjutnya di GP Le Mans Danilo Petrucci (Ducati Team) sukses sebagai tercepat sekaligus kemenangan pertama rider asal Italia itu di lintasan basah. Sebelum akhirnya GP Aragon GP menjadi saksi lahirnya juara kedelapan di musim 2020 lewat Alex Rins (Team Suzuki Ecstar), dan ada Mir juara GP Eropa.

Sehingga, jelang balapan di Portugal, muncul pertanyaan apakah akan ada juara baru? "Saya sangat bersemangat dan penasaran melihat bagaimana lintasan ini akan terlihat dengan motor MotoGP. Saya balapan di sini pada 2013 dan berkendara di sini beberapa bulan lalu dan ya, saya ingat itu trek adrenalin yang sangat tinggi dan ya, itu akan menarik. Saya merasa baik dan baik," kata Morbidelli, dikutip situs resmi MotoGP.
(ruf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1702 seconds (0.1#10.140)