Apa yang Berubah dari Joan Mir Setelah Juara Dunia MotoGP 2020?

Jum'at, 20 November 2020 - 12:46 WIB
loading...
Apa yang Berubah dari Joan Mir Setelah Juara Dunia MotoGP 2020?
Joan Mir merayakan keberhasilannya mengunci gelar juara dunia MotoGP 2020 di GP Valencia./foto/motogp.com
A A A

PORTIMAO - Pembalap Suzuki Ecstar Joan Mir resmi menjadi juara MotoGP 2020. Pencapaian luar biasa karena pembalap asal Spanyol itu belum lama naik ke kelas MotoGP. Meski pernah menjadi yang terbaik di Moto3, juara di MotoGP jelas berbeda. Banyak perubahan yang dirasakan Mir.

Setelah menjadi juara, Mir mengaku memilikikesibukan luar biasa. Sampai-sampai dia tidak bisa menikmatigelar juara dengan nyaman setelah balapan. "Banyak yang terjadi dalam satu pekan terakhir. Ada banyak wawancara, pesan, sulit memang, tapi saya menikmati semuanya," kata pembalap kelahiran Palma de Mallorca, 23 tahun yang lalu seperti dikutip situs motogp.com.

Mir menjadi juara setelah mengumpulkan 171 poin dari 13 balapan yang berlangsung. Gelar juara itu berhasil dikunci Mir saat menjalani balapan pada GP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, akhir pekan lalu. Meski hanya menempati peringkat 7, dan masih menyisahan satu seri lagi, perolehan poin Mir tidak mungkin dikejar Franco Morbidelli dari Petronas Yamaha SRT di peringakt kedua dengan 142 poin karena terpisah 29 poin.

Dia mengaku tak menduga jika gelar itu datang lebih cepat. Awalnya, dia berpikir butuh beberapa tahun untuk bisa menjadi yang terbaik di adu balap motor tercepat dunia tersebut. "Saya merayakan bersama keluarga kemudian makan malam. Saya senang, tapi masih ada misi yang harus dilakukan di sini," tambah Mir. ( )

Persaingan musim ini terbilang menarik, karena sudah ada sembilan pembalap berbeda yang merasakan podium juara. Jumlah ini menyamai rekor empat tahun lalu. Sembilan pembalap yang merasakan podium juara tahun ini adalah Alex Rins, Maverick Vinales masing-masing dua kali podium, Fabio Quartararo (3, Yamaha), Brad Binder (KTM), Andrea Dovizioso (Ducati), Miguel Oliveira (KTM), Franco Morbidelli (3, Yamaha), Danilo Petrucci (Ducati), terakhir adalah Mir di GP Eropa.
(ruf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1541 seconds (0.1#10.140)