Seperti Biasa, Persib Bandung Lolos Lagi Lisensi AFC

Jum'at, 20 November 2020 - 23:05 WIB
loading...
Seperti Biasa, Persib Bandung Lolos Lagi Lisensi AFC
Persib Bandung kembali mendapatkan lisensi klub profesional dari Asian Football Confederation (AFC). Ini bukan hal baru bagi Pangeran Biru. Foto: persib.co.id
A A A
BANDUNG - Persib Bandung kembali mendapatkan lisensi klub profesional dari Asian Football Confederation (AFC). Ini bukan hal baru bagi Pangeran Biru karena status klub profesional dari AFC selalu diperoleh sejak 2015.

(Baca Juga: Hanya Trofi Liga Champions yang Cegah Messi Hengkang dari Barcelona )

AFC Club Licensing Cycle (CLC) merupakan suatu proses standarisasi dan verifikasi kualitas manajemen klub sepak bola profesional. Sistem ini diperkenalkan oleh AFC untuk mendukung perkembangan sepak bola.

Selain sebagai acuan standar profesional, AFC Club Licensing Cycle juga merupakan syarat utama bagi klub untuk dapat berpartisipasi dalam kompetisi internasional resmi AFC, seperti Liga Champions Asia dan Piala AFC.

Ada lima kriteria yang menjadi penilaian pada AFC Club Licensing. Kelima aspek tersebut mencakup sporting, infrastructure, personnel & administration, legal, dan finance. Tahun ini, seluruh klub peserta Liga 1 2020 mengajukan diri untuk mengikuti proses ini.

Tim di bawah naungan PT Persib Bandung Bermartabat ini kembali mendapatkan pengakuan dari AFC. Seperti dikutip dalam laman resmi PSSI, Persib dinyatakan Granted. Dengan kata lain Maung Bandung sudah lolos verifikasi.

Plt Sekretaris Jenderal PSSI , Yunus Nusi mengatakan ada enam klub sepak bola di Indonesia yang dinyatakan telah memenuhi semua persyaratan AFC, dan salah satunya adalah Persib. Klub lainnya adalah Bali United, Persipura Jayapura, Bhayangkara FC, Borneo FC, dan Arema FC.

(Baca Juga: Sergio Ramos Cedera Otot, Real Madrid Kriris Bek Tengah )

"Kita berharap semakin banyak klub profesional di Tanah Air yang membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia sudah berada dalam track menuju industri sepak bola. Karena semakin banyak klub profesional di Indonesia, semakin maju dan jaya sepak bola Indonesia,” kata Yunus.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2845 seconds (0.1#10.140)