Kemenpora Dorong Peran Generasi Muda untuk Negeri

Jum'at, 20 November 2020 - 21:45 WIB
loading...
Kemenpora Dorong Peran Generasi Muda untuk Negeri
Kemenpora Dorong Peran Generasi Muda untuk Negeri. Foto: Kemenpora
A A A
JAKARTA - Berbagai cara dilakukan Kementerian Pemuda dan Olahraga ( Kemenpora ) dalam mendorong generasi muda berkontribusi untuk negeri. Salah satunya melalui event bertajuk Y Local? Fest.

Kegiatan yang digagas Staf Khusus Kemenpora Bidang Kreativitas dan Inovasi Millenial, Alia Noorayu Laksono, ini digelar di Foreground, SCBD, Jakarta, Jumat (20/11/2020). Event ini menjadi wadah bagi generasi milllenial di Indonesia untuk meningkatkan kreativitas mereka. (Baca Juga: Senam Sundul Langit, Terobosan Kemenpora dalam Mendorong Semangat Olahraga )

"Kegiatan ini ada tiga sesi, ada workshop, kemudian seminar, dan juga ada sesi gathering-nya," kata Alia Noorayu Laksono dalam keterangan yang diperoleh SINDOnews.

Didukung organisasi sosial Esok Hari dan AMPI dan IDN Next Leader, kegiatan ini menghadirkan sejumlah pembicara. Di antaranya Nurul Arifin (Anggota DPR RI), Fahd Pahdepie (penulis), Jaya Setiawan Gulu (founder Jadi PNS), Andira Utami (founder PintarSehatPeduli.id), serta Hanif Dakhiri (Menaker RI 2014-2019).

Alia memaparkan, di tengah kondisi saat ini, anak muda tetap harus bisa kreatif dan berpikir inovatif. Karena itu, dorongan untuk mau berkolaborasi dengan sesamanya, harus ditingkatkan. Dengan begitu, akan banyak bidang usaha yang bisa dibangun dan dimulai sehingga bisa bangkit dari pandemi Covid-19 yang sedang melanda Indonesia.

"Narasumber tadi bilang, dengan kegiatan ini, minat anak muda atau komunitas pemuda untuk kolaborasi semakin tinggu. Mereka harus bisa berolaborasi untuk melawan pandemi ini," terangnya.

Memang, bisa saja anak muda sukses sendiri, tetapi itu nantinya akan lebih baik kalau bisa menggandeng satu sama lain dan bekerja sama untuk lebih berkarya dan berkontribusi untuk bangsa dan negara. (Baca Juga: Hari Sumpah Pemuda, Menpora: Momen Bersatu Lawan COVID-19 )

"Karena lebih enak kalau kita itu sukses bersama-sama dibanding sendiri," tuturnya.

Kegiatan 'Y Local? Fest" di Jakarta ini diikuti oleh ratusan peserta. Mereka berasal dari 12 kampus se-Jabodetabek dan juga 20 lembaga sosial yang mayoritas digerakkan oleh anak-anak muda.

Rencananya, ucap Alia, kegiatan ini akan rutin digelar setiap sebulan sampai dua bulan sekali. Hanya, karena masih ada dalam masa pandemi Covid-19, otomatis kegiatan ini belum bisa intens dilaksanakan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1295 seconds (0.1#10.140)