Lima Momen Roy Jones Jr. yang Tak Boleh Dilupakan

loading...
Lima Momen Roy Jones Jr. yang Tak Boleh Dilupakan
Lima momen Roy Jones Jr. yang tak boleh dilupakan ketika menghadapi Mike Tyson. Foto : CBBSports
LOS ANGELES - Pecinta tinju dunia akhir pekan ini akan mendapatkan tontotan menarik dengan adanya pertarungan Mike Tyson versus Roy Jones Jr. Keduanya sempat mengalami masa jaya di era-nya, meski Jones belum sampai melampaui ketenaran Tyson.

Jones adalah satu-satunya petinju yang memulai kariernya di kelas menengah junior dan memenangkan juara dunia kelas berat. Dia memenangkan gelar dunia di kelas menengah, kelas menengah super dan kelas berat ringan dan oleh Majalah Ring, Jones dinobatkan Fighter of the Decade pada 1990-an. (Baca juga : Roy Jones Jr Bisa Pukul KO Mike Tyson dalam Duel Brutal )

Menjelang bentrokan Jones dengan Tyson di Staples Center di Los Angeles, Minggu (29/11/2020), ada lima momen yang terlupakan seperti dikutip Cbssports, seperti berikut ini :
(Baca juga : Oalah..Mike Tyson Ternyata Pecinta Merpati, Roy Jones Pawang Ular )

Raih Gelar Juara Dunia dari Bernard Hopkins
Ini adalah momen di mana Jones melambungkan namanya. Ia berhasil merebut gelar kelas menengah IBF. Setelah saling bertukar pukulan Jones menang angka 206-153 atas Bernard Hopkins. (LIhat juga : Mike Tyson Tidak Ingin Main-main Saat Lawan Roy Jones Jr )

Hancurkan James Toney
Toney tampil melawan Jones dengan modal kemenangan di kelas menengah IBF sebelum naik ke kelas menengah super dan merebut gelar IBF dengan berat 168 pound (76kg). Sedangkan Jones naik ring dengan catatan tak terkalahkan dari 42 penampilan

Toney sendiri sempat difavoritkan untuk memenangkan duel. Tapi kenyataan di atas ring, Jones mampu mendominasi. Hal tersebut tak lepas dari kondisi Toney yang kurang prima. Pertarungan pun dimenenangkan Jones dengan angka dan membuat Jones meraih gelar dunia kedua.



Memainkan Dua Olahraga Pro dalam Sehari
Jarang diketahui publik kalau kemenangan Jone atas Eric Lucas pada perebutan gelar kelas menengah super pada 15 Junia 1996 ada sesuatu yang unik. Pagi hari sebelum pertarungan, Jones dikabarkan tampil dalam pertandingan bola basket semiprofesional.

Ternyata kondisi tersebut tak membuat Jones kehabisan tenaga. Sebaliknya Jones justru bisa menghentikan aksi Lucas di ronde 11. Hal tersebut membuat Jones sebagai atlet pertama yang tampil di dua olahraga berbayar dalam satu hari.

Kehilangan Gelar Pertama
Jones harus kehilangan gelar pertamanya pada 21 Maret 1997 ketika ia didiskualifikasi saat bertemu Montell Griffin. Ketika itu Jones sebenarnya berpeluang memenangkan duel setelah beberapa pukulannya mampu membuat Griffin sempoyongan. Tapi ketika lawannya sudah bertekuk lutut, tanda sudah menyerah, Jones tetap menghujami beberapa pukulan. Alhasil, Jones dianggap melakukan pelanggaran dan didiskualifikasi.



Maraih Gelar Kelas Berat atas John Ruiz
Saat memegang sabuk kelas berat ringan WBA, WBC, IBF, IBO, WBF dan IBA, Jones melakukan lompatan ke kelas berat untuk melawan John Ruiz pada 1 Maret 2003. Ruiz ketika itu penyandang sabuk kelas berat dunia WBA setelah mengalahkan Evander Holyfield.

Jones yang secara ukuran bobot tidak terlalu besar untuk pertarungan itu, ternyata mampu meladeni Ruiz. Menggunakan kecepatan dan tekniknya Jones akhirnya bisa merebut gelar setelah menang angka.
(bbk)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top