Ini Penjelasan Rusaknya Pagar Pembatas Akibat Diterjang Mobil Grosjean

Selasa, 01 Desember 2020 - 08:11 WIB
loading...
Ini Penjelasan Rusaknya Pagar Pembatas Akibat Diterjang Mobil Grosjean
Standar keselamatan di Formula One (F1) mulai dipertanyakan setelah pagar pembatas di Sirkuit Internasional Sakhir, rusak diterjang mobil Romain Grosjean. Foto: reuters
A A A
SAKHIR - Standar keselamatan di Formula One (F1) tidak perlu diragukan lagi. Namun, itu mulai dipertanyakan setelah pagar pembatas di Sirkuit Internasional Sakhir, rusak diterjang mobil Romain Grosjean . Direktur Balap F1, Michael Masi menyebut kerusakan itu tidak bisa dihindarkan.

(Baca Juga: Sarat Pesan, Haas Dukung F1 Tayangkan Kecelakaan Grosjean )

Balapan di GP Bahrain sempat diwarnai drama menegangkan pada putaran pertama. Senggolan antara Grosjean dengan Daniil Kvyat, nyaris berakibat fatal. Jet darat pembalap asal Prancis itu menabrak pagar pembatas di sisi luar tikungan tiga dan langsung terbakar.

Ketegangan terjadi karena Grosjean tidak bisa langsung keluar dari lokasi kecelakaan. Mobilnya terbelah dua dan tersangkut di pagar pembatas. Lelaki berusia 34 tahun itu sempat terjebak kobaran api sekitar 30 detik sebelum berhasil keluar.

Setelah api dipadamkan, terlihat pagar pembatas rusak berat dan harus diganti. Menurut Michael Masi, kerusakan itu memang tidak terhindarkan. Sebab, ada dampak hantaman keras dari laju mobil milik Tim Haas F1 yang begitu kencang serta besarnya kobaran api.

“Melihat besarnya energi yang kami lihat, setelah menghampiri lokasi kejadian, ada banyak hal yang bisa kita lakukan. Kami akan melakukan investigasi menyeluruh atas insiden itu dan melihat apa yang bisa kami pelajari,” papar Masi, dikutip dari Motorsport.

“Tentu saja, energi yang besar itu harus dihentikan oleh sesuatu. Semua perangkat keselamatan berarti penting. Lihat saja mobilnya. Sel pelindung benar-benar mencegah sang pembalap dari bahaya,” lanjut pria berkebangsaan Australia itu.

Dalam tayangan ulang terlihat, mobil VF-20 milik Grosjean menghantam pagar pembatas dengan kecepatan tinggi. Kerasnya tabrakan sampai membuat bagian kokpit tersangkut di pagar dan mobil terbelah menjadi dua.

Terbelahnya mobil lantas menyebabkan bahan bakar berhamburan keluar dari tangki yang memicu terjadinya kobaran api. Grosjean sempat terjebak di antara kokpit yang terjepit di pagar pembatas dan amukan si jago merah.

Beruntung, pembalap Tim Haas F1 itu terlindung dari benturan keras dengan pagar pembatas karena peranti keselamatan bernama Halo. Tubuh Grosjean juga relatif terlindungi berkat baju balap yang didesain tahan api.

(Baca Juga: Insiden Grosjean Jadi Tontonan, Vettel: Kami Manusia dan Punya Keluarga )

Sang pembalap sendiri hanya mengalami luka bakar ringan di kedua telapak tangannya. Mengingat kerasnya benturan dan besarnya kobaran api, Grosjean seakan mengalami mukjizat karena bisa selamat.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1610 seconds (0.1#10.140)