Alex Marquez hanya Perlu Semusim untuk Pahami Motor Honda

Selasa, 01 Desember 2020 - 08:32 WIB
loading...
Alex Marquez hanya Perlu Semusim untuk Pahami Motor Honda
Alex Marquez hanya membutuhkan waktu semusim untuk memahami kinerja dari motor RC213V milik Honda. Meski awalnya kesulitan, pada akhirnya dia mulai terbiasa. Foto: Repsol Honda Team - Honda Racing Corporatio
A A A
AALST - Alex Marquez hanya membutuhkan waktu semusim untuk memahami kinerja dari motor RC213V milik Honda. Meski awalnya kesulitan, pada akhirnya dia mulai terbiasa dan tahu bagaimana cara kerja tunggangannya.

(Pembalap MotoGP Tak Ada yang Sehebat Marquez )

Menurut pemaparan rider LCR Honda di MotoGP 2021 tersebut, mengendarai motor RC213V memang tidak mudah. Karena pembalap harus membutuhkan konsentrasi penuh untuk dapat menguasai motor dengan baik.

Andai konsentrasi itu hilang, Alex percaya motor Honda justru bisa merugikan dan malahan sangat berbahaya. Kerugian yang dimaksud adalah si pembalap bisa kehilangan banyak waktu. Karena jika tidak bisa konsentrasi, maka kehebatan motor Honda sulit dimaksimalkan.

“Anda harus konsentrasi penuh (untuk dapat mengendarai motor Honda), jika Anda bersantai sedikit saja, maka Anda bisa kehilangan waktu. Itulah alasan mengapa semua orang mengatakan motor ini sangat sulit,” unglap Alex, mengutip dari GPOne.

Alex mengambil contoh saudara kandungnya, yakni Marc Marquez yang bisa dikatakan sudah berhasil menaklukkan motor Honda. Meski sudah jago dengan RC213V, namun Alex melihat kakaknya itu masih sering kecelakaan karena terkadang tidak fokus.

Namun, Alex tetap merasa motor Honda adalah salah satu yang terbaik di MotoGP walau sulit dikuasai. Motor Honda dapat membuat pembalap yang mengendarainya lebih mudah meraih kemenangan.

“Alasan tersebut juga yang membuat Marc Marquez kerap kali kecelakaan. Sebab dia mencoba untuk mencapai batas maksimal. Motor Honda memang sangat sulit untuk ditaklukkan, namun motor itu memiliki potensi menang (yang besar),” tambah Alex.

“Untuk mengendarai Honda Anda juga perlu menjadi pembalap yang sempurna. Kuat disegala area, baik itu di titik pengereman, tikungan, akselerasi, dan Anda tak boleh fokus ke satu bidang saja. Anda juga perlu untuk terus berkonsentrasi ketika balapan,” imbuhnya.

Memang tidak mudah untuk dapat menguasai motor RC213V milik Honda tersebut. Banyak rider hebat justru kesulitakan menaklukkan motor pabrikan asal Jepang tersebut.

(Rossi Enggak Bakal Kehilangan Penggemar meski Pensiun dari MotoGP)

Jorge Lorenzo yang dijuluki pembalap kelas dunia saja kesulitan menaklukkan motor Honda. Alex sendiri juga setuju jika ada banyak pihak yang merasa motor Honda sangat sulit untuk ditaklukkan.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1269 seconds (0.1#10.140)