Terungkap, Penyebab Valentino Rossi Terpuruk di MotoGP 2020

Kamis, 03 Desember 2020 - 06:03 WIB
loading...
Terungkap, Penyebab Valentino Rossi Terpuruk di MotoGP 2020
MotoGP 2020 menjadi musim terburuk bagi Valentino Rossi/Foto/Autoblog.com
A A A
ROMA - MotoGP 2020 menjadi musim terburuk bagi Valentino Rossi . Pembalap asal italia itu hanya menempati urutan ke-15 di klasemen akhir, pertama kali sepanjang sejarah menggeluti MotoGP. Hasil terburuk Rossi selama di kelas MotoGP berada di peringkat ketujuh.

Dari 14 seri yang ada di MotoGP 2020, Rossi hanya meraih poin di tujuh balapan. Alhasil, The Doctor -julukan Rossi- pun hanya bisa meraup 66 poin hingga menempatkannya di posisi ke-15 di klasemen akhir MotoGP 2020 . Itu adalah hasil terburuk yang dirasakan pembalap tim pabrikan Yamaha itu setelah hanya sekali naik podium di sepanjang 14 balapan yang digelar. (Baca juga: Rossi dan Petrucci Curhat Balapan MotoGP di Masa Pandemi ).

Ada sejumlah faktor penyebab penampilan Rossi suram di MotoGP 2020. Faktor pertama yang menyebabkan hal ini terjadi adalah kendala teknis pada motor balap Yamaha . Di sepanjang MotoGP 2020, The Doctor memang terus mengeluhkan soal kinerja motor balap Yamaha.

Rossi bahkan sudah mengeluhkannya sejak balapan seri perdana yang digelar di Sirkuit Jerez, Spanyol. Dalam balapan itu, Rossi diketahui gagal finis karena terjatuh di lap kesembilan. (Baca juga: Petronas Yamaha Jagokan Morbidelli ).

Meski mendapat keluhan, perbaikan menyeluruh tampaknya tak bisa dilakukan Yamaha untuk motor balapnya. Alhasil, pekerjaan buruk Rossi terus berlanjut ke balapan-balapan lain. Kondisi ini diperparah karena adanya masalah juga pada ban motor yang diberikan Michelin.

Faktor kedua adalah virus Covid-19 yang turut menjangkiti Rossi. Di MotoGP 2020, Rossi memang turut positif terpapar virus corona. Pada pertengahan Juli, hasil tes usap yang rutin dilakukannya menunjukkan dirinya positif terjangkit Covid-19. (Baca juga: Vinales Bicara Cedera Marquez: Kondisinya Rumit! ).

Kondisi ini telah membuatnya harus menjalani isolasi mandiri higga absen di dua seri beruntun yang digelar di Sirkuit Aragon, Spanyol. Absen di dua balapan tersebut membuat Rossi kian merana karena membuatnya gagal menambah poin yang mendongkrak posisi di klasemen.

Rossi baru bisa kembali di MotoGP Eropa 2020. Sayangnya, di balapan itu, hasil yang diraih pembalap asal Italia itu tetap tak berbuah manis. (Baca juga: MotoGP 2020 Tuntas, Maverick Vinales Sibuk Hias Pohon Natal ).

Rossi kembali gagal finis. Kondisi ini membuat catatan minornya di MotoGP 2020 terus berlanjut. Juara dunia sembilan kali itu tercatat lima kali gagal finis pada musim ini.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1035 seconds (0.1#10.140)