Prediksi Ahli, Marc Marquez Kembali di Seri Pembuka MotoGP 2021

Senin, 07 Desember 2020 - 10:03 WIB
loading...
Prediksi Ahli, Marc Marquez Kembali di Seri Pembuka MotoGP 2021
Pembalap Repsol Honda Marc Marquez diprediksi kembali pada seri pembuka MotoGP 2021/Foto/michelinmotorsport
A A A
MADRID - Pembalap Repsol Honda Marc Marquez sukses menjalani operasi ketiga atas cedera di lengan kanannya. Belum ada keterangan resmi kapan rider asal Spanyol itu kembali ke lintasan MotoGP , namun ahli traumatik dan Direktur Medis Klinik IQtra Medicina Avanzada, Dokter Angel Villamor, memprediksi The Baby Alien bisa kembali tepat pada pembukaan Kejuaraan Dunia MotoGP 2021.

Marc Marquez mengalami cedera patah tulang humerus di lengan kanannya pada MotoGP Spanyol 2020, 19 Juli silam. Operasi pertama yang dilakukan pada 21 Juli 2020 berlangsung sukses. Marquez sempat comeback ke lintasan untuk mengikuti GP Andalusia 2020. (Baca juga: Sambil Bertelanjang Dada, Marquez Pajang Foto Terbaru di Medsos ).

Namun, lengan Marc Marquez belum sepenuhnya pulih. Dia mundur dari balapan itu dan kembali menjalani operasi pada awal Agustus 2020 karena ada pelat titanium yang patah. Akibatnya, Marquez absen hingga seri terakhir di GP Portugal pada 22 November lalu.

Tak kunjung sembuh, spekulasi lantas beredar. Marc Marquez disebut-sebut akan menjalani operasi ketiga. Benar saja, pembalap berusia 27 tahun itu kembali naik meja operasi pada Rabu 2 Desember 2020 di Madrid, Spanyol. (Baca juga: Soal Cedera Marquez, Anggota Medis FIM: Infeksi Tulang Sulit Disembuhkan ).

Seperti dua tindakan sebelumnya, operasi ketiga ini juga berjalan sukses. Namun, operasi ketiga itu mengungkap sebuah fakta yang tidak disangka-sangka. Ternyata, patahan pelat di tangannya menyebabkan infeksi sehingga harus mendapatkan perawatan antibiotik tambahan.

Karena itu, Marc Marquez masih berada di Rumah Sakit Ruber Internacional, Madrid, hingga detik ini. Fakta tersebut membuat spekulasi beredar liar. Namun, menurut Dokter Angel Villamor, sang pembalap bisa saja kembali lebih cepat selama terbentuk kalus di area patahan. Seri pertama MotoGP 2021 digelar di Sirkuit Losail, doha, Qatar 28 Maret. (Baca juga: Valentino Rossi Ungkap Kenapa Enggak Mau Punya Anak ).“Jika segalanya berjalan baik, sekira dua bulan tubuh Anda bisa membentuk kalus dan bergantung pada humerus untuk menunjang aktivitas fisik,” ujar Dokter Angel Villamor, dilansir dari AS, Senin (7/12/2020).

“Jika tubuhnya merespons dengan baik, dalam waktu 2-3 bulan, di area itu harus tumbuh kalus yang bisa Anda percaya untuk membantu kembali lagi naik motor,” imbuh pria berkebangsaan Spanyol itu.

Meski optimistis, Angel Villamor di sisi lain mengungkap prakiran yang kurang mengenakkan. Kondisi cedera Marc Marquez mungkin saja membutuhkan operasi keempat. Sebab, infeksi pada patahan pelat menghambat pembentukan kalus yang krusial.

Sekadar informasi, kalus lunak terbentuk dari sel osteoblas. Sel tersebut kemudian membentuk tulang yang berlubang-lubang pada kolagen sehingga terbentuk belat alami yang menghubungkan ujung-ujung kedua tulang yang patah. Maka, pembentukan kalus itu sangat krusial bagi Marc Marquez.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1094 seconds (0.1#10.140)