Hari Penentuan Bagi MU, RB Leipzig, dan PSG

Selasa, 08 Desember 2020 - 11:29 WIB
loading...
Hari Penentuan Bagi MU, RB Leipzig, dan PSG
RB Leipzig dipastikan akan memberikan perlawanan saat akan menjamu MU dinihari nanti. Foto/Reuters
A A A
LEIPZIG - Penentuan tiket babak 16 Liga Champions di Grup H bakal segera menemukan jawabannya, dini hari nanti. Manchester United (MU), RB Leipzig, dan Paris Saint Germain (PSG), harus bersaing ketat untuk mendapatkannya.

MU yang memuncaki klasemen sementara Grup H dengan sembilan poin hanya unggul selisih gol dari PSG dan Leipzig. Bagi MU, lawatan mereka ke Red Bull Arena begitu krusial. The Red Devils hanya membutuhkan hasil imbang untuk lolos. MU akan memuncaki klasemen Grup H dengan hasil imbang dan saat bersamaan, PSG gagal mengatasi Istanbul Basaksehir. (Baca: Modal Positif Lazio Jelang Laga Hidup Mati Liga Champions)

Bertandang ke Jerman, MU sangat percaya diri lantaran menang 5-0 atas Leipzig pada pertemuan pertama di Old Trafford, 29 November lalu. Selain itu, MU membawa modal positif dengan meraih empat kemenangan di lima pertandingan terakhir semua kompetisi, termasuk saat mengalahkan West Ham United 3-1 pada lanjutan Liga Primer di London Stadium, Sabtu (5/12).

Pelatih Ole Gunnar Solskjaer mengaku senang karena timnya menunjukkan mentalitas luar biasa dan berhasil keluar dari tekanan, meski sempat tertinggal lebih dulu. “Kami telah mengambil langkah meningkatkan posisi di klasemen dan saya pikir kami mengatasi lebih baik dengan permainan seperti ini, di mana Anda tertinggal 1-0, tertinggal 2-0. Karakter pemain, mereka masih percaya. Itu adalah hal yang besar, keyakinan itu. Mereka mendapatkan kepercayaan itu dari penampilan dan hasil yang mereka dapatkan belakangan ini," ungkap Solskjaer dilansir manutd.com.

Menghadapi Leipzig, MU sedikit dilanda masalah lantaran Anthony Martial dan Edinson Cavani diragukan tampil setelah keduanya mengalami cedera otot saat The Red Devils melawan West Ham. Namun, Solskjaer berharap Martial dan Cavani tidak mengalami masalah serius sehingga bisa pulih tepat waktu.

“Semoga cedera Martial dan Cavani tidak terlalu serius. Saya senang dengan pemain yang ada di dalam skuad. Tapi, kami akan melakukan beberapa pemindaian dan mudah-mudahan mereka akan segera tersedia karena kami memiliki pertandingan penting melawan Leipzig,” kata Solskjaer. (Baca juga: Penanganan Terkini Kanker Usus Besar)

Kalaupun Martial dan Cavani belum fit, lini depan MU masih mempunyai Marcus Rashford dan Mason Greenwood. Mereka didukung Bruno Fernades. Sementara di tengah absennya Fred karena akumulasi kartu membuat Paul Pogba berduet dengan Scott McTominay. Di posisi bek, duet Maguire dan Lindelof diandalkan. Mereka akan melapisi David de Gea. Beberapa perubahan di komposisi pemain harus dilakukan Solskjaer, mengingat MU akan menjamu Manchester City (Man City) di Old Trafford pada lanjutan Liga Primer, Minggu (13/12).

Sementara dari kubu Leipzig, Mereka mengemban misi sulit. Leipzig harus menang melawan MU untuk lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Kemenangan akan Die Roten Bullen di puncak klasemen Grup H jika pada saat bersamaan PSG kalah. Hasil imbang bahkan cukup baik Leipzig untuk lolos apabila PSG kalah.

Leipzig menyambut MU dengan kondisi kondusif. Mereka belum terkalahkan dalam tiga pertandingan terakhir di semua kompetisi (dua menang, satu imbang), termasuk saat menahan 3-3 Bayern Muenchen di Bundesliga, Minggu (6/12). Hasil tersebut membuat Leipzig bersaing ketat dalam perburuan gelar Bundesliga. Mereka hanya berjarak dua poin dari Bayern yang memuncaki klasemen sementara (23 poin). (Baca juga: Peneliti Korea Buat Biodiesel dari Kardus Bekas)

Menurut pelatih Julian Nagelsmann, hasil imbang kontra Bayern membuat semangat dan kepercayaan diri pasukannya berlipat jelang menghadapi MU. Dia menilai, kualitas yang dimiliki Bayern telah membuat Leipzig menyadari jika mereka bisa bersaing di level tertinggi. Meski, Leipzig tidak akan diperkuat Lukas Klostermann, Fabrice Hartmann, Konrad Laimer, Benjamin Henrichs, dan Hwang Hee-chan, tapi ada Dani Olmo, Emil Forsberg dan Yussuf Poulsen bisa dimainkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1390 seconds (0.1#10.140)