Hampir Setahun Menanti, Pemain Transgender Lakukan Debut di Liga Wanita Argentina

Rabu, 09 Desember 2020 - 00:30 WIB
loading...
Hampir Setahun Menanti, Pemain Transgender Lakukan Debut di Liga Wanita Argentina
Penantian pesepak bola transgender Mara Gomez (kanan) untuk mencicipi Liga Wanita Argentina berakhir sudah. Dia akhirnya dipercaya melakoni debut bersama klubnya Villa San Carlos. Foto: inquiry
A A A
BUENOS AIRES - Penantian pesepak bola transgender Mara Gomez untuk mencicipi Liga Wanita Argentina berakhir sudah. Dia akhirnya dipercaya melakoni debut bersama klubnya Villa San Carlos setelah 11 bulan menunggu.

(Atlet Lari Gawang Lolo Jones Ngaku Masih Perawan )

Gomez sebenarnya sudah direkrut Villa San Carlos sejak Januari lalu. Namun Federasi Sepak Bola Argentina (AFA) tak kunjung memberikannya lampu hijau untuk bermain.

AFA ragu apakah Gomez yang berganti kelamin dari laki-laki menjadi perempuan akan mendapat keuntungan fisik jika bermain di Liga Wanita Argentina. Tapi striker berusia 23 tahun itu terus meyakinkan federasi jika dirinya pantas bermain untuk Villa San Carlos.

Gomez memberikan sampel darah untuk menunjukkan testosteronnya sesuai dengan pedoman atlet yang dirancang Komite Olimpiade International (IOC).

Usahanya tak sia-sia. Gomez akhirnya diberikan izin dan dipercaya bermain melawan Lanus di Buenos Aires, Senin (7/12/2020). Rasa semringah menyelimuti hatinya. Apalagi dia berhasil membawa Villa San Carlos menang telak 7-1.

“Jalannya panjang. Ada banyak rintangan. Banyak ketakutan dan kesedihan. Sebelumnya saya berpikir tidak akan menjadi siapa-siapa, tidak akan memiliki kesempatan untuk bahagia dalam hidup ini. Tapi hari ini semua anggapan itu salah,” kata Gomez dikutip dari The Sun.

“Saya memenuhi salah satu tujuan terbesar dalam hidup . Terima kasih untuk semua orang yang sejak pertama menemani, mendukung, dan percaya pada saya. Terima kasih kepada staf kepelatihan dan agen saya. Terima kasih juga kepada keluarga yang selalu memeluk dan memberi saya kekuatan,” lanjutnya.

(Pernah Berkarier di Indonesia, Begini Potret Cantik Veronica Angeloni)

Gomez tercatat sebagai transgender pertama yang bermain di Argentina. Namun, di dunia kasus yang sama sudah banyak terjadi. Ada Alba Palacios asal Spanyol dan Jaiyah Saelua dari American Samoa.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2029 seconds (0.1#10.140)