Peluang Atalanta dan Inter Milan ke Babak 16 Besar

Rabu, 09 Desember 2020 - 21:39 WIB
loading...
Peluang Atalanta dan Inter Milan ke Babak 16 Besar
Antonio Conte./foto/reuters
A A A

MILAN - Dua tim Italia, Juventus dan Lazio sudah memastikan tiket ke 16 besar Liga Champions . Masih ada dua tim lagi, Atalanta dan Inter Milan yang akan berjuang untuk mendapatkan tiket ke fase gugur. Atalanta akan bertandang ke markas Ajax Amsterdam, Johan Cruijff ArenA, sedangkan Inter Milan menjamu Shakhtar Donestsk di Giusieppe Meazza.

Musim lalu, Atalanta berhasil menembus babak 16 besar bersama Juventus dan Napoli. Atalanta bahkan melangkah sampai perempat final, tapi disingkiran Paris Saint Germain 1-2. Sedangkan Inter Milan harus tersingkir dari turun ke Liga Europa setelah hanya menempati peringkat 3 Grup F. Inter kemudian melangkah ke babak final sebelum akhirnya dikalahkan Sevilla dengan skor 2-3.

Sekarang keduanya harus berjuang sampai akhir. Atalanta berada di peringkat kedua Grup D dengan delapan poin, unggul satu angka dari Ajax di posisi ketiga. Laga nanti malam, akan menjadi penentu dari kedua tim siapa yang berhak mendampingi Liverpool ke babak 16 besar. Pasukan Gian Piero Gasperini hanya membutuhkan hasil imbang untuk memastikan lolos.

“Kami lebih baik dalam mengambil inisiatif dan menyerang daripada mempertahankan hasil, dan hal yang sama berlaku untuk Ajax. Karena itu, kita harus mencoba memanfaatkan keuntungan kecil ini semaksimal mungkin, yaitu kita dapat mengandalkan dua dari tiga hasil," kata Gasperini dikutip football-italia. ( )

Pada pertemuan pertama, Atalanta bermain imbang 2-2 melawan Ajax sebelum membua keajaiaban dengan mengalahkan Liverpool. Mereka juga diuntungkan memiliki waktu recovery karena laga melawan Udinese di Seri A dibatalkan sehingga bisa lebih bugar. “Kami hanya harus fokus pada permainan kami. Jujur saja, kami akan senang menjalani pertandingan grup terakhir dengan skenario ini, karena kami dijamin akan ke Liga Europa dan membutuhkan satu poin untuk Babak 16 besar,” tambah Gasperini.

Situasi agak rumit harus dilalui Inter di Grup B. Empat tim, Borussia Monchengladbach, Shakhtar, dan Real Madrid masih memiliki peluang besar. Monchengladbach di peringkat pertama 8 poin, Shakhtar runner up (7), Madrid peringat kedua (7) dan Inter menghuni posisi buncit (5). Nasib pasukan Antonio Conte tidak hanya tergantung pada hasil melawan Shakhtar, tapi juga melihat hasil Madrid vs Gladbach.

Jika Inter menang melawan Shakhtar, sedangkan Madrid imbang menghadapi Gladbach, I Nerazzurri yang akan tersingkir karena kalah head to head dari Los Blancos. Sama-sama memiliki nilai delapan, di dua pertemuan melawan Madrid, Inter menelan kekalahan.

Berebeda jika Madrid menang dan Monchengladbach kalah, Inter bisa lolos karena mereka unggul head to head dari tim asal Jerman tersebut. Inter menang dan imbang satu kali.Sesuai regulasi, jika ada dua tim dengan nilai sama, head to head antartim dengan nilai sama menjadi pertimbangan. “Dalam sepak bola, pada level ini, semua orang bermain untuk menang. Kami sedang mengejar sebuah jalan, kami ingin meningkatkan dan pasti ada cara dan ruang untuk melakukannya,” tutur Conte.
(ruf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1534 seconds (0.1#10.140)