Ogah Jadi Rider Cadangan, Crutchlow Tolak Tawaran Honda di MotoGP

Kamis, 10 Desember 2020 - 13:24 WIB
loading...
Ogah Jadi Rider Cadangan, Crutchlow Tolak Tawaran Honda di MotoGP
Cal Crutchlow
A A A
LONDON - Cal Crutchlow mengakui tidak ada tawaran resmi dari Honda untuk menjadi pembalap penguji pada MotoGP 2021 . Sebaliknya, Honda Racing Corporation (HRC) menginginkannya menjadi pembalap pengganti di MotoGP dan World Superbike .

Karier Crutchlow sebagai pembalap utama telah berakhir setelah memilih untuk menandatangani kontrak sebagai pembalap penguji tim Monster Energy Yamaha untuk MotoGP 2021. Keputusan itu diambil setelah dirinya kehilangan tempat di tim LCR Honda dan digantikan Alex Marquez.

Baca juga : Curhat Mike Tyson yang Kecewa Tinju Sekarang sangat Politis

Rider yang memenangkan tiga kali balapan MotoGP itu telah dikaitkan dengan satu kursi di Aprilia sebelum menandatangani kesepakatan menjadi pembalap penguji Yamaha.

Crutchlow mengungkapkan, Honda sudah menyiapkan peran untuknya jika ingin tetap bersama pabrikan Jepang tersebut. Ide HRC adalah mempertahankan Crutchlow sebagai pembalap pengganti untuk tim MotoGP dan WSBK. Namun pembalap Inggris itu tidak tertarik karena bisa saja membuatnya menjalani balapan sepanjang musim.

Baca juga : Marquez Ingatkan Espargaro Beban Berat Jadi Pembalap Honda

“Saya tidak pernah memiliki apa pun di atas kertas dari mereka (HRC), tetapi rencananya lebih kepada pembalap pengganti. Alberto Puig. Saya suka dengannya, saya selalu menyatakan bahwa dia sangat berpengaruh dalam kesepakatan dalam beberapa tahun terakhir dan dia selalu mendukung saya,” kata Crutchlow dilansir motorsport.

Tapi, Crutchlow mengatakan Puig merasa kecewa dengan keputusannya yang memilih menyeberang ke pabrikan rivalnya. “Dia sama dengan saya, dia berbicara terus terang dan sangat baik dan dia kecewa ketika saya keluar dari Honda pada awal tahun. Dia ingin mempertahankan saya sebagai pembalap pengganti,” paparnya.

Baca juga : Jadwal Pertandingan Pemungkas Penyisihan Grup Liga Europa, Jumat (11/12/2020) dini hari WIB

Crutchlow sudah menyatakan tidak ingin menjadi pembalap utama pada tahun depan. Sebab, dia merasa Honda terlihat ingin dirinya terus menjalani balapan baik di MotoGP atau World Superbike. Jadi, dia mengaku tidak tertarik dengan tawaran dari HRC tersebut.

“Saya tidak tertarik dengan proyek itu terutama karena ada enam pembalap (saya harus mengganti) dan mungkin saya akan balapan sepanjang tahun. Tapi saya sangat bersyukur selalu berbicara dengan Alberto secara jujur dan terus terang. Ketika saya mengatakan kepadanya bahwa saya akan melakukan kesepakatan dengan Yamaha, dia sangat bahagia untuk saya,” ungkapnya.

Baca juga : Motor RC213V Cocok dengan Marquez? Pol Espargaro: Saya Enggak Percaya

Yang pasti, Crutchlow bisa saja mendapatkan kesempatan untuk turun pada MotoGP 2021 sebagai wildcard bersama Yamaha jika dianggap berguna untuk proyek tim. Meski begitu, dia akan dibatasi menjadi tiga sesuai aturan wildcard untuk produsen non-konsesi.
(abr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4440 seconds (0.1#10.140)