Undian 16 Besar Liga Champions: Skenario Neraka Bayern, Barcelona atau Sevilla?

Senin, 14 Desember 2020 - 14:31 WIB
loading...
Undian 16 Besar Liga Champions: Skenario Neraka Bayern, Barcelona atau Sevilla?
Juara bertahan Liga Champions Bayern Muenchen berpotensi bentrok dengan Barcelona pada babak 16 besar/Foto/Deutsche Welle
A A A
NYON - Juara bertahan Liga Champions Bayern Muenchen berpotensi bentrok dengan Barcelona pada babak 16 besar musim ini. Barcelona yang menjadi runner-up Grup G akan menghadapi tim unggulan merupakan jaura grup.

Drawing (undian) babak 16 besar Liga Champions 2020/2021 akan digelar di markas UEFA di Nyon, Swiss, Senin (14/12/2020) pukul 11.00 waktu lokal atau sekitar pukul 18.00 WIB. ( ).

Aturan pengundian, ke-16 tim yang lolos dibagi menjadi dua pot, grup unggulan (juara grup) dan non-unggulan (runner-up grup). Tim yang lolos dari fase grup yang sama tidak akan bertemu. Begitu pula klub dari negara yang sama tidak bisa bertemu satu sama lain di babak 16 besar.

Tim unggulan adalah Bayern Muenchen, Real Madrid , Manchester City, Liverpool, Chelsea, Borussia Dortmund, Juventus, dan Paris Saint-Germain. Sedangkan non-unggulan Atletico Madrid, Borussia Monchengladbach, Porto, Atalanta, Sevilla , Lazio, Barcelona, dan RB Leipzig. ( ).

Penggemar Barcelona mungkin akan teringat kekalahan 2-8 dari Bayern pada perempat final Liga Champions 2019/2020di Estadio da Luz, Lisabon, 15 Agustus 2020.

Akibat kekalahan itu, terjadi 'kekacauan' di Camp Nou. Bintang Barcelona Lionel Messi mengajukan surat keluar dan presiden klub Josep Maria Bartomeu mengundurkan diri setelah terjadi Vote of No Confidence. ( ).

Jika undian mempertemukan kedua tim di babak 16 besar Liga Champions musim ini, situasi ini akan menjadi sulit bagi Barcelona yang telah kehilangan Luis Suarez. Apalagi, kinerja Blaugarana belum konsisten di musim ini.

Bayern juga berpotensi bentrok dengan juara Liga Europa 2019/2020 Sevilla. Kedua tim bentrok di Piala Super Eropa 2020 di Budapest, 25 September 2020. Klub Spanyol itu sempat menyulitkan Pasukan Hansi Flick sebelum akhirnya Bayern menang 2-1 lewat perpanjangan waktu.

Sevilla paham cara bermain melawan Bayern. Mereka memiliki pertahanan yang kokoh dan kemampuan teknis untuk bermain melewati tekanan dan menyerang Bayern melalui serangan balik.

Tapi, catatan Sevilla melawan klub besar masih dibawah rata-rata, kalah telak dari Chelsea dan gagal mengalahkan Real Madrid dan Barcelona yang melemah. Namun, gaya bermain mereka menjadikan mereka lawan yang tangguh, meski tidak menang.

Pelatih Sevilla Julen Lopetegui pasti akan mengubah rencana jika dia mendapat kesempatan kedua melawan klub Bavarians tersebut. Mungkin ini satu satu hasil undian yang ingin dihindari Hansi Flick.

Selain Barcelona dan Sevilla, Bayern juga berpeluang bertemu Lazio, Porto, atau wakil Serie A Atalanta.

Leg pertama pertandingan 16 besar Liga Champions ini sudah ditetapkan bakal digelar pada 16-17 dan 23-24 Februari 2020. Sementara leg kedua akan digelar pada 9-10 dan 16-17 Maret 2020.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2230 seconds (0.1#10.140)