Apa yang Membedakan Gaya Balapan sang Kakak? Alex Marquez Bocorkan Rahasia

Senin, 14 Desember 2020 - 23:01 WIB
loading...
Apa yang Membedakan Gaya Balapan sang Kakak? Alex Marquez Bocorkan Rahasia
Alex dan Marc Marquez sempat menajdi sorotan di awal musim MotoGP 2020/Foto/redbull.com
A A A
CERVERA - Alex dan Marc Marquez sempat menajdi sorotan di awal musim MotoGP 2020 . Sang adik-kakak itu berada di grid dan tim yang sama pada Kejuaraan Dunia MotoGP 2020. Performa keduanya di lintasan pun dibandingkan langsung. Apa yang membedakan keduanya?

Alex Marquez naik kelas ke MotoGP pada awal musim 2020. Pembalap berusia 24 tahun itu diangkut ke tim pabrikan Repsol Honda untuk menggantikan Jorge Lorenzo yang pensiun. Promosi tersebut membuatnya menjadi rekan setim sang kakak, Marc Marquez. ( ).

Duet kakak-beradik Marquez itu sangat dinanti penggila MotoGP dunia. Tekanan lebih besar jelas dirasakan Alex Marquez yang pasti akan dibandingkan dengan saudaranya. Apalagi, keduanya bermodalkan motor yang sama, yakni RC213V edisi terkini.

Walau bersaudara, gaya balap keduanya cukup bertolak belakang. Dari tayangan televisi terlihat Alex Marquez lebih halus, sementara Marc Marquez cenderung agresif. Menurut keterangan sang juara dunia Moto2 2019, perbedaan dengan The Baby Alien -julukan Marc Marquez- hanya terlihat di televisi saja. Sementara pada data telemetri, hasilnya mirip. ( ).

“Kalau dilihat dari televisi, sepertinya kami terlihat berbeda dalam hal gaya berkendara dan mengubah arah motor. Saya lebih halus, dia lebih agresif,” papar Alex Marquez, dikutip dari Crash, Senin (14/12/2020).

“Namun, ketika dibandingkan data telemetri, terlihat mirip. Tidak 100% sama, tetapi mungkin karena saya lebih tinggi dan ini berdampak di mana saya tidak perlu banyak usaha dalam memindahkan motor,” imbuh pembalap bernomor motor 73 itu. ( ).

Ya, sebagai adik, Alex Marquez punya tubuh yang lebih tinggi dibandingkan Marc Marquez. Karena keunggulan itu, Alex tidak perlu banyak mengeluarkan tenaga dalam memindahkan motor dari kiri ke kanan atau sebaliknya.

Namun, perbandingan antara kedua bersaudara itu tidak bisa langsung dilihat pada MotoGP 2020. Sebab, Marc Marquez hanya tampil sekali pada seri perdana, MotoGP Spanyol 2020, 19 Juli silam. Dia mengalami kecelakaan hebat hingga harus absen pada sepanjang sisa musim.

Musim depan, keduanya tidak bisa langsung dibandingkan begitu saja. Alex Marquez memang lebih berpengalaman karena sudah setahun di kelas premier. Akan tetapi, dia akan membela tim satelit LCR Honda, sementara Marc tetap di Repsol Honda.

Ada kemungkinan pula Marc Marquez masih absen pada beberapa seri awal MotoGP 2021. Sebab, cedera patah tulang humerus di lengan kanannya belum pulih benar. Dia bahkan bisa saja membutuhkan operasi bedah keempat.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1383 seconds (0.1#10.140)