Pisah dari Aprilia, Gressini Racing jadi Tim Independen di MotoGP

Selasa, 15 Desember 2020 - 14:43 WIB
loading...
Pisah dari Aprilia, Gressini Racing jadi Tim Independen di MotoGP
Ofisial Aprilia Gressini Racing Team bersama pembalapnya, Pol Espargaro dan Andrea Iannone. foto : dok motogp
A A A
FAENZA - Gresini Racing akan menjalani musim terakhir sebagai tim pabrikan Aprilia pada MotoGP 2021 . Selanjutnya, tim berbasis di Italia itu memilih menjadi tim independen terhitung mulai musim 2022.

Gressini Racing menandai debutnya di kejuaraan dunia balap motor paling bergengsi itu sebagai tim satelit Honda pada 1997. Sejauh ini, tim telah meraih 14 kemenangan balapan pada kelas utama baik pada era 500cc maupun MotoGP dengan menggunakan mesin Honda.Gressini juga pernah mengantar Sete Gibernau sebagai runner-up MotoGP musim 2003 dan 2004.

Baca juga : Pulang dari RS, Marc Marquez Disambut Anjing Peliharaan

Pada 2015, mereka bertranformasi menjadi tim pabrikan Aprilia. Namun, setelah enam tahun kebersamaan dengan pabrikan sepeda motor asal Italia tersebut, Gressini mengumumkan akan berpisah dengan Aprilia. Sebelumnya, Aprilia juga sudah menjajaki untuk membentuk tim pabrikan sendiri pada MotoGP 2022.

Sesuai kesepakatan dengan International Race Teams Association (IRTA), Gressini Racing berkomitmen untuk tetap berpartisipasi di MotoGP hingga 2026.

Baca juga : Valentino Rossi: Musim 2016 ke 2017 Krusial bagi Yamaha, YZR M-1 Mulai Bermasalah

Manajer Gressini Racing Fausto Gresini menyatakan, terhitung mulai musim 2022, mereka tidak akan mewakili Aprilia sebagai tim pabrikan. Ini membuka kesempatan untuk melakukan pengembangan dan komitmen sesuai keinginan tim.

“Kami dengan senang hati mengumumkan perjanjian ini dengan IRTA, yang akan membawa kami ke MotoGP selama lima tahun mulai dari 2022,” katanya dilansir crash.

Baca juga : Mantan Pembalap Ungkap Pemulihan Cedera Marquez Bisa 2 Tahun

Musim ini, Aprilia Gressini Racing menjadi tim yang banyak dirundung masalah. Mereka tidak bisa menggunakan jasa pembalapnya Andrea Iannone lantaran tersangkut kasus doping dan dilarang balapan selama empat musim.

Hasilnya, Gressini terpaksa menunrunkan pembalap penguji Bradley Smith dan Lorenzo Savadori untuk mendampingi Aleix Espargaro. Jelang MotoGP 2021, mereka juga masih memiliki pekerjaan untuk menentukan pembalap pengganti Iannone.

Baca juga : Pembalap Legendaris Puji Duo Suzuki Kuasai MotoGP 2020

“Ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan dan banyak hal yang harus didefinisikan dan dikomunikasikan. Jelas sekali. kami sedang mengerjakan proyek besar dan kami akan mengungkapkan detailnya sedikit demi sedikit. Tetap disini,” pungkasnya.
(abr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0035 seconds (0.1#10.140)