Legenda MU Ini Lebih Berjodoh di Tim Wanita Dibanding Pria

Rabu, 16 Desember 2020 - 22:46 WIB
loading...
Legenda MU Ini Lebih Berjodoh di Tim Wanita Dibanding Pria
Phil Neville ditunjuk sebagai pelatih timnas wanita Inggris Raya./foto/thefa
A A A


LONDON- Legendaris Manchester United (MU) Phil Neville segera ditunjuk sebagai pelatih tim sepak bola wanita Inggris Raya (Great Britain, GB) di Olimpiade Tokyo, tahun depan. Dia menerima tawaran tersebut setelah menyelesaikan tugasnya menangani tim wanita Inggris. The Times melaporkan bahwa Neville akan diumumkan sebagai pelatih tim GB bulan depan, menyusul penundaan yang cukup lama karena pandemi covid-19.

Laporan tersebut mengklaim bahwa FA sebenarnya ingin mengumumkan Neville sebagai pelatih Tim GB pada awal Oktober, tetapi pandemi tersebut telah menyebabkan sejumlah penundaan. Adalah masalah logistik, pembatasan perjalanan, dan pencitraan merek pada pengumuman tersebut telah mempersulit transisi Neville dari Inggris ke Tim GB. Kini, semuanya menjadi terang menderang seiring kepastian Neville meletakkan jabatanya sebagai pelatih Inggris pada Juli 2021. ( )

Sebagai gantinya, The Lionesses akan menunjuk Sarina Wiegman. Dia juga masih melatih Belanda di Olimpiade Tokyo tahun depan. Melatih tim GB dikabarkan menjadi pekerjaan terakhir Neville di sepak bola wanita, karena adik Gary Neville tersebut ingin kembali mengembangkan kariernya di sepak bola pria. Bagi Neville, pengumunan sebagai pelatih tim GB sudah sangat dinantikannya. Maklum, sejak November lalu, Neville mengecilkan peluangnya untuk melatih Tim GB di Olimpiade.

Saat itu, dia bersikeras belum mengetahui secara pasti apakah dia akan menerima panggilan atau tidak. ā€œSaya tidak tahu apakah saya akan menangani tim GB di Olimpiade tahun depan. Saya mengatakan di kamp terakhir bahwa saya mengharapkan keputusan akan segera terjadi dan saya masih berpikir itu," kata Neville dilansir dailymail. Mulai terang menderangnya kepastian Neville bakal menangani tim GB di Olimpiade diharapkan memberikan dampak signifikan terhadap kinerja tim nantinya.

Neville dianggap memiliki kapasitas untuk membawa tim GB berbicara banyak di Tokyo, tahun depan. Maklum, prestasi terbaik tim GB di Olimpiade adalah Perempat Final saat menjadi tuan rumah di London 2012. Sepanjang karier melatihnya, Dia sudah mempersembahkan satu gelar bagi Inggris yakni Shebelievescup 2019 dan membawa The Lionesses menembus semifinal Piala Dunia wanita 2019. Neville memang memiliki pengalaman mumpuni.

Setelah berkarier gemilang sebagai pemain bersama MU (1994-2005) dan Everton (2006-2013), pria kelahiran Bury, Inggris tersebut mengantongi lisensi kepelatihan profesional UEFA pada 2012.Neville pernah menjadi asisten pelatih Stuart Pierce di Inggris U-21 (2013), Staf pelatih David Moyes di MU (2014) dan asisten pelatih Nuno Espirito Santo di Valencia (2015).
(ruf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4006 seconds (0.1#10.140)