KONI Dukung Lokapala Jadi Bagian Esports Nasional

Jum'at, 18 Desember 2020 - 12:00 WIB
loading...
KONI Dukung Lokapala Jadi Bagian Esports Nasional
Ketua Umum KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia), Letjen (Purn.) Norman Marciano bersama segenap pengurus KONI Pusat menyambut baik usaha Anantarupa dengan melakukan kunjungan pada Kamis (17/12) / Foto: Anantarupa Studios
A A A
JAKARTA - Industri Esports di Tanah Air mulai diperhitungkan. Itu tak lepas dari lahirnya Lokapala yang seakan mematahkan asumsi bahwa developer Indonesia tidak mampu bersaing dengan negara-negara adidaya dalam game-game esports, seperti China dan Korea.

Anantarupa Studios mengembangkan Lokapala, game Esports pertama dari Indonesia dan satusatunya game Esports dari Asia Tenggara, dan mempelopori kolaborasi lintas sektor industri untuk dapat bersaing dengan game-game impor yang sudah menguasai market Indonesia. Sehingga industri game lokal dapat bertahan dan bangkit di tengah pandemi.

Walaupun saat ini sebagian negara berada dalam keadaan darurat pandemi COVID-19, namun pertumbuhan Esports dan industri game yang kian berkembang pesat, termasuk di Indonesia. Inilah yang membawa industri game menjadi industri konten digital nomor satu di dunia. (Baca juga: Platform Esports MPL-Mobile Premier League Menjadikan Waktu Bermain Game Lebih Produktif )

Saat ini semua ajang turnamen Esports yang digelar di Indonesia menggunakan game impor sebagai konten utamanya. Hal inilah yang menciptakan tantangan yang berdampak pada lambatnya pertumbuhan industri game lokal, di mana 99% pendapatan game dikuasai oleh game-game impor. Sehingga berkontribusi terhadap peningkatan yang signifikan atas defisit neraca dagang Indonesia. (Baca juga: Esports Dipastikan Dilombakan di SEA Games 2021 )

"…99% pendapatan game dikuasai oleh game-game impor, sehingga berkontribusi terhadap peningkatan yang signifikan atas defisit neraca dagang Indonesia," demikian pernyataan Anantarupa Studios dalam keterangan persnya, Jumat (18/12/2020).

Sementara itu, Ketua Umum KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia), Letjen (Purn.) Norman Marciano bersama segenap pengurus KONI Pusat menyambut baik usaha Anantarupa dengan melakukan kunjungan pada Kamis (17/12), untuk mendukung Lokapala menjadi bagian dari industri Esports nasional.

Lokapala memiliki potensi menjadi game Esports lokal untuk mengisi panggung Esports nasional, sebagai game Esports satu-satunya yang mengangkat 8 nilai Keksatriyaan yang memperkenalkan kembali budaya dan sejarah yang telah terlupakan, sehingga dengan bermain Lokapala dapat berguna bagi pembentukan karakter anak bangsa.

"Kita tidak menutup game impor, tetapi Lokapala sebagai game esports lokal ini harus kita support bersama dan harus kita kasih kesempatan untuk bersaing dengan game impor secara berimbang," ujar Norman Marciano

Sepertiga dari total penduduk di Indonesia yang mencapai 100 juta orang, bermain game dan menyumbangkan 99% untuk pendapatan game impor. Norman Marciano berharap KONI ke depannya menjadi bagian penting dalam mendorong Lokapala sebagai game ESports nasional.

"Kedepannya, saya juga ingin KONI menjadi bagian penting dalam mempromosikan dan mendorong Lokapala sebagai game esports nasional. Esports akan menjadi salah satu cabang eksebisi pada PON ke-20 di bulan Oktober 2021 mendatang, yang bertempat di Papua. KONI melalui PB Esports akan memberikan kesempatan bagi Lokapala untuk dapat menjadi salah satu game yang dipertandingkan," pungkas Norman Marciano.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1855 seconds (0.1#10.140)