Jadi Juara Dunia MotoGP, Joan Mir Bimbang Pakai Nomor 1

Sabtu, 19 Desember 2020 - 19:12 WIB
loading...
Jadi Juara Dunia MotoGP, Joan Mir Bimbang Pakai Nomor 1
Sebagai juara dunia MotoGP 2020, Joan Mir berhak menggunakan motor bernomor 1 pada Kejuaraan Dunia 2021. Namun, dia masih bingung akan diapakai atau tidak. Foto: instagram
A A A
ANDORRA - Sebagai juara dunia MotoGP 2020, Joan Mir tentu berhak menggunakan motor bernomor 1 pada Kejuaraan Dunia 2021. Namun, hingga kini pembalap andalan Suzuki Ecstar itu belum tahu apakah akan menggunakan hak istimewa tersebut.

(Bersaing Melawan Pembalap Muda, Rossi: Seperti Isi Baterai)

Memakai nomor 1 jelas akan meningkatkan prestise seorang pembalap di hadapan rival-rivalnya. Tidak semua orang berhak menggunakan nomor tersebut. Sayangnya, ada semacam kutukan yang mengiringi pembalap pengguna nomor 1 itu.

Siapa pun pembalap yang memilih menggunakan nomor 1, hampir pasti tidak akan menjadi juara dunia pada musim berikutnya. Sepanjang satu dekade terakhir, hanya ada dua kesempatan di mana sang juara dunia menggunakan nomor 1.

(Baca Juga : Dorna Subsidi Tim Satelit MotoGP Rp112 Miliar )

Pembalap pertama adalah Jorge Lorenzo pada Kejuaraan Dunia MotoGP 2011. Sayangnya, gelar juara dunia yang direbut pada 2010, gagal dipertahankan. Sosok kedua adalah Casey Stoner pada Kejuaraan Dunia MotoGP 2012.

Lagi, pembalap asal Australia itu gagal mempertahankan gelar juara, bahkan memutuskan pensiun di akhir musim. Karena itu, Joan Mir belum tahu apakah dirinya berani menggunakan nomor 1 pada musim depan atau tidak.

“Nomor 1 jelas terlalu menggoda, bahkan buat saya. Pilihan ada di tangan saya, tetapi saya belum tahu akan berbuat apa,” papar Joan Mir, dikutip dari Corse di Moto, Sabtu (19/12/2020).

(Marc Marquez Ungkap Aktivitas Sepanjang Absen di MotoGP 2020)

Lebih lanjut, pembalap asal Spanyol itu mengaku sangat menyukai nomor yang dipakainya sekarang, yakni 36. Dengan nomor itu, Joan Mir sudah berhasil menggondol dua gelar juara dunia (Moto3 dan MotoGP). Bisa saja, keputusan soal mengganti nomor atau tidak, diambil secara mendadak.

“Saya juga menyukai nomor saat ini. Saya selalu suka melihatnya di motor. Saya tidak tahu kapan (akan mengambil keputusan). Mungkin ketika bangun pagi di suatu hari dan mengirim pesan kepada tim,” tukas pria berusia 23 tahun itu.

Mungkin saja Joan Mir perlu mempertimbangkan apa yang dilakukan Valentino Rossi dan Marc Marquez. Kedua pembalap itu tidak pernah mengganti nomor ikoniknya menjadi 1 saat menjadi juara dunia. Uniknya, The Doctor dan The Baby Alien selalu bisa mempertahankan gelar.

Nomor 46 selalu dipakai Valentino Rossi pada musim setelah dirinya menjadi juara dunia. Begitu juga dengan Marc Marquez yang setianya dengan nomor 93. Sudah lama memang MotoGP tidak melihat motor bernomor 1 di lintasan. Berani, Joan Mir?
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2330 seconds (0.1#10.140)