Pengabdian Bambang Sunarwibowo bagi Esports dan Generasi Muda

Senin, 21 Desember 2020 - 22:00 WIB
loading...
Pengabdian Bambang Sunarwibowo bagi Esports dan Generasi Muda
Peran dan pengabdian Bambang Sunarwibowo jelas sangat besar dalam pembentukan ekosistem Esports di Indonesia
A A A
JAKARTA - Peran dan pengabdian Bambang Sunarwibowo jelas sangat besar dalam pembentukan ekosistem Esports di Indonesia. Wakil Ketua Umum sekaligus ketua harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI), mengharapkan menjadi lembaga resmi yang menaungi seluruh organisasi yang ada di industri esport Indonesia.

Sebagai ketua harian, Bambang Sunarwibowo bergerak cepat dalam mewujudkan visi PBESI menjadikan Indonesia pemimpin Esport di kawasan Asia. Di bawah arahan ketua umum, hanya 2 bulan setelah pelantikan pengurus besar, PBESI meresmikan pengurus daerah di 34 provinsi. (Baca juga: KONI Dukung Lokapala Jadi Bagian Esports Nasional )

"Kami harap pengurus Esports yang baru dapat membimbing dan mengayomi para atlet di daerah untuk berprestasi di tingkat nasional dan internasional," ungkap Bambang dalam keterangan persnya, Senin (21/12/2020).

Tak berhenti di situ, PBESI berhasil mendorong KONI mengakui Esports secara resmi sebagai satu cabang olahraga prestasi di Agustus 2020. Lalu di Oktober 2020, DPR juga mengundang PBESI untuk membicarakan Undang-undang Sistem Keolahragaan Nasional.

"Esports layak jadi cabang olahraga prestasi karena membutuhkan kecepatan, ketangkasan, dan strategi seperti olahraga prestasi lainnya," jelas ketua harian PBESI tersebut.

Tak hanya dari sisi regulasi, PBESI juga berkomitmen dalam pembentukan dan peningkatan ekosistem Esports. November 2020 lalu, PBESI berhasil menyelenggarakan event Piala Pelajar se-Jabodetabek yang diikuti 10.107 tim dari 5 ribu sekolah. (Baca juga: Messi Butuh 17 Musim Samai Rekor Gol Pele )

Ini merupakan sebuah rekor tersendiri karena proses pendaftaran event tersebut dibuka hanya 3 hari. Apalagi melibatkan puluhan ribu peserta dengan hadiah ratusan juta rupiah.

"Alhamdulillah, kita berhasil melaksanakan turnamen esport Piala Pelajar ini dengan peserta diatas 10 ribu tim. Apa yang kita lakukan ini adalah season 1. Ke depan, kita akan melaksanakannya lagi dengan skala nasional," ungkap suami dari Baiq Furi Fauziah.

Sebagai sebuah cabang olahraga yang masih muda, Esports Indonesia tentu akan menghadapi banyak tantangan. Mulai dari regulasi, venue pendukung, hingga sistem dan penyelenggaraan kompetisi. Penggemar Esports tentu berharap yang terbaik dari PBESI karena memiliki ahli perencanaan seperti Komjen Bambang Sunarwibowo ini sebagai ketua harian.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1390 seconds (0.1#10.140)