Piala Dunia U-20 2021 Dibatalkan, Ketum PSSI Ingin Timnas Indonesia Tetap Fokus

Jum'at, 25 Desember 2020 - 07:41 WIB
loading...
Piala Dunia U-20 2021 Dibatalkan, Ketum PSSI Ingin Timnas Indonesia Tetap Fokus
FIFA memastikan Piala Dunia U-20 2021 dibatalkan. Ketum PSSI, Mochamad Iriawan meminta kepada Timnas Indonesia khususnya U-16 untuk tetap mempersiapkan diri. Foto: pssi
A A A
JAKARTA - FIFA telah memastikan Piala Dunia U-20 2021 dibatalkan. Menanggapi hal ini, Ketua Umum (Ketum) PSSI , Mochamad Iriawan meminta kepada Tim Nasional (Timnas) Indonesia khususnya U-16 untuk tetap fokus mempersiapkan diri.

( FIFA Batalkan Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia )

Iriawan tidak ingin kabar dibatalkannya gelaran Piala Dunia U-20 2021 yang awalnya direncanakan di Indonesia membuat Timnas Indonesia mengendurkan latihannya serta menurunan tingkat fokus para pemain.

Iriawan meminta semua pihak tetap fokus, terutama untuk para pemain yang kemungkinan masih bisa bermain di Piala Dunia U-20 edisi selanjutnya yang akan dihelat pada 2023. Menurutnya, target Timnas Indonesia tetap sama, yaitu di ajang Piala Dunia U-20.

Dikatakan sama karena Indonesia tetap dipercaya menjadi tuan rumah dari kompetisi sepak bola level junior tersebut. FIFA tampaknya tak tega membuang kesempatan emas yang sudah didapatkan Indonesia untuk menjadi penyelenggara Piala Dunia U-20 yang seharusnya digelar pada 2021.

FIFA yang memutuskan meniadakan kompetisi Piala Dunia U-20 di tahun depan karena pandemi virus Corona sampai saat ini masih belum selesai dan mungkin akan terus berlanjut. Untuk mencegah kondisi yang semakin parah, maka pembatalan harus dilakukan.

Akan tetapi, FIFA menjanjikan Indonesia akan dipercaya lagi untuk menjadi tuan rumah di ajang. Karena alasan itulah Iriawan langsung meminta kepada para pemainnya untuk tak pantang menyerah dan tak boleh mengendurkan sesi latihan.

( Piala Dunia U-20 Dibatalkan, PSSI Hormati Keputusan FIFA )

Iriawan mencoba mengambil sisi positif dari dibatalkannya Piala Dunia U-20 di 2021 itu sebagai waktu lebih yang diberikan FIFA untuk semakin mematangkan skuad Timnas Indonesia yang akan bertarung di edisi 2023.

Menariknya, tentu skuad Timnas Indonesia U-19 yang ada sekarang tak akan bermain di Piala Dunia U-20 2023. Sebab, usia mayoritas pemain kemungkinan sudah berada di atas 20 tahun dan tidak bisa lagi ikut serta.

Jadi, tampaknya PSSI akan memfokuskan diri meningkatkan performa Timnas Indonesia U-16 yang otomatis akan bermain di Timnas Indonesia U-19 pada tiga tahun ke depan. Dia percaya peluang Indonesia meraih hasil terbaik masih samat besar seperti yang terjadi di musim ini.

( Piala Dunia U-20 Batal, Program Timnas Lanjut ke Spanyol )

“Menyusul pembatalan Piala Dunia U-20 pada 2021, Timnas Portugal yang akan kita persiapkan nantinya, dapat memanfaatkan waktu tambahan dan melanjutkan program untuk persiapan Piala Dunia U-20 pada 2023. Saya berharap semoga persiapannya bisa lebih menyeluruh, matang, dan nanti kami bisa menjadi juara,” kata Iriawan.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1630 seconds (0.1#10.140)