Demi 4 Cabor, Papua Siap Bangun Venue Sementara untuk PON XX

Rabu, 30 Desember 2020 - 01:01 WIB
loading...
Demi 4 Cabor, Papua Siap Bangun Venue Sementara untuk PON XX
Demi 4 Cabor, Papua Siap Bangun Venue Sementara untuk PON XX. Foto: Okezone/Instagram
A A A
JAKARTA - Sebanyak empat venue untuk cabang olahraga layar, paralayang, selam, dan gantole di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua akan mulai dibangun Januari 2021. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Pelaksana Tugas Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua Alexander Kapisa.

Melalui laman PB PON XX Papua, Senin, Alexander Kapisa menjelaskan, empat venue yang akan dibangun itu sifatnya sementara (temporary) dan baru disiapkan menjelang pelaksanaan PON Papua pada bulan Oktober 2021 mendatang.

(Ikuti Survei SINDOnews: Mencari Calon Presiden 2024 )

“Masih ada empat venue PON temporary yang belum dibangun, anggarannya sudah masuk pada APBD induk tahun anggaran 2021,” ujarnya.

Alexander Kapisa mengatakan, keempat venue tersebut akan dibangun oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Papua. (Baca Juga: Persiapan PON Papua Diklaim Sudah Mencapai 90% )

“Jadi, beberapa venue yang bersifat sementara itu sudah pada tahap proses lelang, dan diharapkan awal tahun 2021 proses pekerjaan sudah dimulai,” katanya.

Secara keseluruhan untuk 37 cabang olahraga, kata Alex, venue yang dibangun baru maupun yang direhap oleh pemerintah provinsi Papua maupun pemerintah pusat sudah rampung 100 persen.

Pada awal tahun 2021 venue yang sudah rampung sudah dapat difungsikan bagi setiap cabor yang ingin melakukan test event persiapan PON Papua. (Baca Juga: Yunus Wonda Optimis Papua Sanggup Gelar Event Olah Raga Nasional )

“Awal tahun 2021 atlet Papua sudah bisa test event di venue-venue tersebut,” paparnya.

Tak hanya untuk test event, menurut Alex, atlet pun bisa melakukan latihan di venue tersebut agar terbiasa dengan venue tersebut. Apalagi beberapa venue memiliki standar internasional, sehingga atlet Papua butuh waktu untuk beradaptasi dengan venue tersebut.

“Awal tahun ini ketika venue kita semuanya siap, kita buka ruang bagi atlet-atlet kita untuk mencoba venue mereka,” ungkapnya.

Berdasarkan jadwal, PON XX Papua akan dilaksanakan pada tanggal 2-13 Oktober 2021 mendatang di empat kluster, yakni kluster Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika dan Merauke.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1607 seconds (0.1#10.140)