Coutinho Cedera, Liverpool Kehilangan Potensi Pemasukan Rp349 M

Sabtu, 02 Januari 2021 - 16:10 WIB
loading...
Coutinho Cedera, Liverpool Kehilangan Potensi Pemasukan Rp349 M
Pemain Barcelona Philippe Coutinho dipapah meninggalkan lapangan setelah mengalami cedera dalam laga kontra Eibar. foto : fcbarcelona
A A A
LIVERPOOL - Melepas Philippe Coutinho ke Barcelona senilai 145 juta poundsterling pada 2018, mungkin merupakan bisnis menguntungkan bagi Liverpool . Tetapi, melempemnya gelandang Brasil tersebut di Spanyol membuat The Reds terancam kehilangan pemasukan tambahan.

Seperti diketahui, Barca baru membayar secara tunai transfer Coutinho seharga 109 juta poundsterling. Sedangkan 36 juta poundsterling sisanya akan dibayarkan secara berkala dengan persyaratan tertentu.

Baca juga : Manchester United, Klub Paling Sering Dapat Hadiah Penalti

Rinciannya, Liverpool mendapatkan 9 juta poundsterling setelah Barca lolos ke Liga Champions pada musim 2018/19 dan 2019/20. Namun, 9 juta poundsterling lainnya terlewat karena Barca gagal memenangkan gelar Liga Champions dalam dua musim tersebut.

Kini, Liverpool berpotensi kehilangan pemasukan senilai 18 juta poundsterling--setara Rp349 miliar--karena Coutinho gagal melakoni 100 penampilan di Barca. Pasalnya, mantan pemain Inter Milan tersebut mengalami cedera lutut saat Blaugrana ditahan 1-1 oleh Eibar pada pertandingan Primera Liga (30/12/2020). Awal pekan ini, Barca mengonfirmasi Coutinho mengalami cedera serius dan diperkirakan absen hingga lima bulan kedepan.

Baca juga : Pelatih Crystal Palace Cuek Zaha Diincar PSG dan AC Milan

“Tes yang dilakukan terhadap Coutinho menunjukkan bahwa dia mengalami cedera pada meniskus lateral di lutut kirinya. Perawatan akan membutuhkan operasi artroskopi yang akan dilakukan,” ungkap pernyataan Barca dilansir dailystar.co.uk.

Bagi Barca, kehilangan Coutinho yang telah mencetak tiga gol dan dua assist dalam 14 pertandingannya jelas sebuah pukulan telak. Pasalnya, Blaugrana sedang berjuang menapaki papan atas Primera Liga.

Baca juga : Everton Siap Perpanjang Kontrak Playmaker Islandia

Saat ini, mereka tercecer di peringkat keenam klasemen sementara dengan 25 poin, tertinggal 10 poin dari pemuncak klasemen sementara, Atletico Madrid (35 poin). Selain itu, skuad besutan Ronald Koeman juga berpartisipasi di babak 16 besar Liga Champions.

Berbeda dengan Barca, Liverpool mungkin hanya sedikit kehilangan keuntungan dari cederanya Coutinho. The Reds tetap berkibar dan pelatih Juergen Klopp mempunyai skuad berkualitas yang telah meraih kesuksesan. Terbukti, pasca kepergian Coutinho, Liverpool sukses menjuarai Liga Primer: 2019–20, Liga Champions: 2018–19, Super Eropa: 2019 dan Piala Dunia antarklub: 2019.

Baca juga : Solskjaer Puji Penyelamatan Gemilang Eric Bailly

Musim ini, sepak terjang Liverpool juga tergolong baik. Saat ini mereka memimpin klasemen sementara Liga Primer dengan 33 poin. Jordan Henderson dkk juga melaju ke babak 16 besar Liga Champions.
(abr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1169 seconds (0.1#10.140)