Fakta Unik Valentino Rossi Jelang Bergulirnya MotoGP 2021

Senin, 04 Januari 2021 - 15:05 WIB
loading...
Fakta Unik Valentino Rossi Jelang Bergulirnya MotoGP 2021
Pada 16 Februari nanti Valentino Rossi akan berulang tahunnya yang ke-42. Itu akan semakin menegaskan statusnya sebagai pembalap tertua di MotoGP 2021. Foto: Visordown
A A A
TAVULLIA - Pada 16 Februari mendatang Valentino Rossi akan merayakan hari ulang tahunnya yang ke-42. Keadaan itu semakin menegaskan status The Doctor sebagai pembalap dengan usia tertua di MotoGP 2021.

( Bos Petronas Yamaha Minta Morbidelli Tampil Lebih Kompetitif )

Berbicara mengenai usia Rossi, terdapat sejumlah fakta menarik yang mungkin tidak disadari banyak orang. Salah satunya adalah dia lebih dulu berkarier di dunia balap motor grand prix sebelum dilahirkannya delapan pembalap yang bakal berlaga di MotoGP 2021.

Pertama kali Rossi ikut serta dalam kejuaraan dunia balap motor grand prix adalah pada 1996 di kelas 125cc, yakni ketika usianya masih 17 tahun. Kala itu rider asal Italia itu membela tim Scuderia AGV Aprilia.

Di musim tersebut Rossi meraih podium sebanyak dua kali, yang mana satu di antaranya berujung kemenangan. Meski demikian, Rossi hanya bisa menyelesaikan debut musimnya dengan menempati posisi kesembilan klasemen pembalap karena hanya mengoleksi 111 poin.

Menariknya, saat Rossi sudah mengaspal di lintasan grand prix, delapan pembalap yang bakal berlaga di MotoGP 2021 masih belum lahir. Mereka adalah Alex Marquez, Francesco Bagnaia, Luca Marini, Joan Mir, Enea Bastianini, Fabio Quartararo, Jorge Martin, serta Iker Lecuona.

Artinya, jika bicara soal pengalaman dan senioritas, Rossi jelas jauh lebih unggul ketimbang para pembalap muda tersebut. Lebih menarik lagi, Rossi akan bertarung melawan Luca Marini yang juga adik tirinya di MotoGP 2021.

Fakta unik lainnya, ketika Rossi meraih gelar juara dunia grand prix untuk pertama kalinya, usia Luca Marini belum genap satu bulan. Rossi mengaku masih mengingat dengan jelas momen menggendong Marini tak lama setelah didapuk sebagai juara dunia.

“Ketika saya memenangkan gelar juara dunia pertama saya pada tahun 1997, dia (Marini) lahir. Dia lahir pada 10 Agustus 1997 dan saya memenangkan kejuaraan dunia pada 31 Agustus,” kenang Rossi, dilansir dari Motorsport Total, Senin (4/1/2021).

"Ketika saya pulang sebagai juara dunia, saya menggendongnya. Dia berusia 21 hari. Saya sangat bangga kita akan balapan MotoGP bersama tahun depan, yang mana itu merupakan impian setiap pembalap," pungkasnya.

( Marc Marquez Masih Favorit Kampiun MotoGP 2021 )

Meski punya jam terbang lebih timggi, Rossi jelas tidak bisa memandang remeh para juniornya. Terlebih Mir, yang merupakan juara dunia MotoGP 2020.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1336 seconds (0.1#10.140)