Rencana Uji Coba Garuda Nusantara di Spanyol Tak Pasti

Kamis, 07 Januari 2021 - 13:35 WIB
loading...
Rencana Uji Coba Garuda Nusantara di Spanyol Tak Pasti
Pemain timnas U-19 Kelana Noah Mahessa dalam sesi internal game di Kota Salou, Tarragona, Spanyol. Skuad Garuda Nusantara masih menunggu kepastian laga uji coba. Foto/PSSI
A A A
JAKARTA - Pemusatan latihan di Kota Salou, Tarragona, Spanyol, sedianya tetap digelar untuk menjaga motivasi dan mental tim nasional Indonesia U-19 . Namun, PSSI dihadapkan pada tantangan baru lantaran sejumlah uji coba yang diagendakan kini dalam ketidakpastian.

Spanyol sejatinya dipilih sebagai tujuan TC lanjutan skuad Garuda Nusantara lantaran negara tersebut menunjukkan pengendalian Covid-19. Negeri Matador juga tidak menerapkan kebijakan ketat dalam karantina warga negara asing. (Baca: Jadwal Pertandingan Uji Coba Timnas U-19 di Spanyol)

PSSI bahkan sudah menyusun lima agenda uji coba selama TC hingga berakhir pada 31 Januari mendatang. Namun, situasi ini berubah dalam dua pekan terakhir. Strain baru Covid-19 membuat rencana berantakan.

David Maulana dkk seharusnya sudah menjajal Gimnastic Tarragona di Stadion Gimnastic Tarragona pada Minggu (3/1), namun digeser hari Kamis (7/1). Demikian halnya uji coba melawan Lleida Esportiu U-19 juga ditunda dan belum diagendakan.

Sejauh ini PSSI masih menunggu konfirmasi dari calon lawan terkait jadwal uji coba. Selain dengan dua tim tersebut, skuad Garuda Nusantara juga dijadwalkan menjajal Sabadell U-19 di Stadium of CE Futbol Salou, kemudian menghadapi Ceuta U-19 di Field CE Futbol Salou. (Baca juga: Tips Merawat Layar Ponsel Agar Tidak Cepat Rusak)

Arab Saudi akan menjadi calon lawan terakhir tim Merah Putih sebelum mengakhiri pemusatan latihan. Ini akan menjadi pertemuan kedua setelah sebelumnya bersua di International Friendly Tournament 2019 di Kroasia.

Menyiasati ketidakpastian jadwal uji coba, pelatih Shin Tae-yong memilih menggelar internal game untuk menilai perkembangan anak asuhnya selama sepekan TC di Spanyol. Dia mengaku ingin mengecek kondisi pemainnya sebelum melakoni uji coba.

Meski tidak kunjung melakoni uji coba, striker timnas U-19 Irfan Jauhari mengaku situasi tim tetap kondusif. Seluruh pemain enjoy menjalani sesi latihan yang sudah disiapkan. TC ini merupakan bagian dari persiapan Garuda Nusantara menghadapi Piala AFC U-19. “Kondisi kami semakin baik setelah sepekan lebih berada di Spanyol. Soal adaptasi cuaca di sini kami sudah dapat beradaptasi. Kami tetap semangat dan kerja keras selama pemusatan latihan di Spanyol,” katanya. (Baca juga: Juventus Hadiahkan Milan Kekalahan Pertama di Serie A Musim 2020/20/21)

Sebelumnya David Maulana dkk juga harus mengubur mimpi menyusul pembatalan Piala Dunia U-20 oleh FIFA. Padahal, ini menjadi kesempatan unjuk kemampuan di depan talent scout klub-klub dari seluruh dunia itu mencari pemain muda.

Meski demikian, Indonesia tidak kehilangan hak untuk menjadi tuan rumah. Jakarta dan empat kota lain akan tetap menggelar Piala Dunia pada 2023 mendatang. Namun, tidak dengan timnas U-19 yang sudah disiapkan sejak Januari 2020 lalu.

Dua tahun ke depan David Maulana dkk dipastikan sudah tidak bisa tampil pada ajang tersebut karena terkendala usia. Situasi ini dikhawatirkan berpengaruh pada mental seluruh pemain yang sudah bekerja keras sepanjang tahun. (Lihat videonya: Berkah Pandemi, Ikan Patin Makin Digemari)

Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi menyatakan, TC di Spanyol merupakan salah satu upaya untuk menjaga motivasi timnas U-19 menyusul pembatalan Piala Dunia U-20. Dia tidak membantah jika hal tersebut sangat mempengaruhi mental dan psikologis pemain muda. “Mereka sudah kecewa tidak bisa tampil di Piala Dunia U-20 tahun 2021, masa ke Spanyol juga dibatalkan? Kalau ke Spanyol dibatalkan, pasti akan lebih menambah kekecewaan mereka,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyatakan federasi tetap berkomitmen terhadap timnas U-19 . Meskipun Piala Dunia U-20 diundur ke tahun 2023, pemain ini adalah cikal bakal timnas U-23 maupun timnas senior nantinya. “Kami berharap pemain terus bersemangat dan terus bekerja keras. TC Spanyol juga dijadikan ajang untuk menambah pengalaman, skill, fisik, dan lain-lainnya,” katanya. (Abriandi)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1445 seconds (0.1#10.140)