GP Argentina dan Amerika Masih Misterius, Mandalika Siap Masuk Kalender MotoGP 2021?

Kamis, 07 Januari 2021 - 21:04 WIB
loading...
GP Argentina dan Amerika Masih Misterius, Mandalika Siap Masuk Kalender MotoGP 2021?
Progres pembangunan Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (4/12/2020). Foto: SINDOnews/Ali Masduki
A A A
JAKARTA - Dorna Sports selaku operator kejuaraan grand prix MotoGP akan segera merilis kalender balap motor di musim ini. Sirkuit Mandalika masih menjadi opsi yang mungkin dilakukan jika ada salah satu lintasan batal menggelar balapan.

Mandalika sendiri saat ini masuk dalam daftar cadangan di kalender MotoGP 2021. Selain Mandalika, ada Sirkuit Algarve di Portugal dan Sirkuit Igora Drive (Rusia) yang menjadi cadangan.

Dari kalender sementara MotoGP 2021 yang dirilis Dorna Sports, akan ada 20 balapan yang digelar dari Maret hingga November 2020. Sirkuit Losail, Qatar, bakal membuka seri pertama MotoGP pada 28 Maret mendatang. (Baca juga: Pose Menggoda WAGs Pembalap MotoGP: Dari Tengkurap hingga Berendam di Bathtub )

Sepekan kemudian, tim dan pembalap menyeberang ke Benua Amerika untuk melakoni MotoGP Argentina (11 April) dan GP Amerika Serikat (18 April). Tetapi CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta dalam wawancara dengan MCN, Kamis (7/1), mengatakan bahwa pihaknya harus melihat peluang untuk menjalani balapan di Argentina dan Amerika.

"Keputusan akan dibuat pada bulan ini, dan jika tidak, kami memiliki alternatif untuk balapan ini," ujar Ezpeleta.

Sejauh ini Ezpeleta masih bisa memberikan jaminan apakah penonton dapat hadir selama balapan mengingat pandemi virus corona di sejumlah negara kembali meningkat. Padahal kehadiran penggemar setidaknya dapat membantu perekonomian. (Baca juga: Bertemu Sandiaga Uno, Menpora Bahas Pagelaran MotoGP di Mandalika )

"Kami akan mempelajari dengan pihak berwenang tentang kemungkinan kehadiran penggemar. Tetapi yang paling penting adalah tetap berpegang pada jadwal, dan dalam kasus terburuk, kami siap untuk melakukan semua balapan dengan format yang sama seperti tahun lalu," imbuh Ezpeleta.

"Kami tidak akan membatalkan balapan jika tidak memungkinkan untuk memiliki penonton. Kami berbicara dengan promotor dan mereka siap bersaing dalam kondisi yang telah kami capai tahun ini," pungkas Ezpeleta.

Sementara itu, mengenai peluang Indonesia menggelar balapan MotoGP 2021 di Sirkuit Mandalika, NTB, masih harus dilihat. Itu sebagaimana disampaikan Menpora Zainudin Amali. Dalam pemaparannya tentang progress Sirkuit Mandalika, dia menjelaskan, pada event internasional tersebut Kemenpora dan Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno berencana mengangkat nilai sports tourism.

"Tentang Mandalika sempat dibicarakan dengan Pak Menteri Sandi, kita bahas, karena beliau sangat paham dan pengetahuan yang cukup tentang MotoGP. Kita akan melihat progess di lapangan, kita merencanakan akan ke NTB lagi (Mandalika)," cetus Menpora.

"Pelaksanaan kegiatan ini tidak semata-mata kita, tapi ada di Dorna, karena mereka punya kewenanangan. Keputusan ada di Dorna tetapi kita mempersiapkan dengan sebaik-baiknya," pungkas Menpora.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6409 seconds (0.1#10.140)