Pilih Jadi Pelatih Derby County, Rooney Pensiun Jadi Pemain

Sabtu, 16 Januari 2021 - 01:05 WIB
loading...
Pilih Jadi Pelatih Derby County, Rooney Pensiun Jadi Pemain
Wayne Rooney mengakhiri karier bermainnya setelah ditunjuk sebagai pelatih Derby County/Foto/Reuters
A A A
LONDON - Mantan striker Manchester United Wayne Rooney mengakhiri karier bermainnya setelah ditunjuk sebagai pelatih tetap klub Championship (Divisi II) Derby County, Jumat (15/1/2021). Pria berusia 35 tahun itu menandatangani kontrak berdurasi dua setengah tahun.

Rooney yang dianggap sebagai salah satu pemain Inggris terbaik di generasinya, sebelumnya bergabung dengan Derby dalam kapasitas sebagai pelatih-pemain setahun yang lalu dari tim MLS DC United dan membuat 35 penampilan untuk klub.

.

Kemudian mantan pemain yang mencetak rekor 53 gol sepanjang masa untuk Inggris dan juga pencetak gol terbanyak Manchester United , menjadi manajer sementara di Derby sejak klub tersebut berpisah dengan pelatih asal Belanda Phillip Cocu pada November 2020.

Rooney memulai karir bermainnya dengan klub masa kecilnya, Everton, dengan mencetak gol pertamanya dengan cara yang spektakuler saat berusia 16 tahun melawan Arsenal.

.
Dia menjadi salah satu pemain paling ikonik di Inggris dengan mencetak 253 gol untuk Man United dan memenangkan lima gelar Liga Primer dan Liga Champions. Rooney juga menjadi pemain dengan penampilan terbanyak timnas Inggris, dengan 120 caps internasional.

“Ketika saya pertama kali tiba kembali di Inggris, saya benar-benar terpesona oleh potensi Derby County,” kata Rooney dilansir Reuters. “Terlepas dari tawaran lain, saya tahu secara naluriah Derby County adalah tempat untuk saya.”

.

Rooney mengikuti jejak pemilik rekor pencetak gol Chelsea Frank Lampard dalam mengelola Derby. Meskipun tidak seperti Lampard yang mengambil alih klub Midlands pada 2019, Rooney mendapat tugas mencegah mereka jatuh ke Divisi III setelah musim yang buruk.

Derby ketiga dari bawah meskipun di bawah arahan sementara Rooney, kinerja mereka meningkat, hanya kalah dua dari sembilan pertandingan liga terakhir mereka, mencatat lima clean sheet.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1412 seconds (0.1#10.140)