Hadapi Liverpool Tanpa Penonton Setia, MU Mengaku Beruntung

Minggu, 17 Januari 2021 - 17:05 WIB
loading...
Hadapi Liverpool Tanpa Penonton Setia, MU Mengaku Beruntung
Tekanan berat yang kerap diciptakan suporter Liverpool saban menjamu Manchester United (MU) tidak akan terasa saat nanti bentrok Minggu (17/1/2021) malam WIB. Foto: reuters
A A A
LIVERPOOL - Tekanan berat yang kerap diciptakan suporter Liverpool saban menjamu Manchester United (MU) tidak akan terasa saat nanti bentrok Minggu (17/1/2021) malam WIB. Menurut pelatih Ole Gunnar Solskjaer, absenya Kopites bisa memberi keuntungan bagi Setan Merah.



Sudah lama sejak Liverpool tidak merasakan kekalahan di Anfield di Liga Primer. Hasil negatif terakhir dialami saat The Reds menjamu Crystal Palace, 23 April 2017 dengan skor 1-2. Nyaris empat tahun kemudian, belum ada lagi yang bisa menaklukkan Si Merah di sarangnya.

Kesempatan itu kini dimiliki MU. Beruntung bagi Iblis Merah, Anfield kali ini tidak akan disesaki penonton. Ribuan penonton yang sebelumnya diperkenankan hadir sepanjang Desember 2020, terpaksa menyaksikan laga dari televisi.

Bekas pelatih MU, Sir Alex Ferguson pernah mengakui atmosfer neraka yang disuguhkan pendukung Liverpool menjadi tantangan utama setiap sowan ke Anfield. Solskjaer setuju dengan pendapat itu. Karena itu, absennya supporter The Reds diyakini menguntungkan anak asuhnya.

“Menurut saya, sepak bola dan hasil-hasil yang dicatat secara umum dalam setahun ke belakang, menunjukkan betapa pentingnya (kehadiran) penggemar. Kami sudah tidak merasakan kekalahan (di kandang lawan) sejak di Anfield tahun lalu,” ujar Solskjaer, dilaman resmi MU.

“Tentu saja, dibandingkan tahun lalu ketika kami datang ke Anfield yang sesak dengan penonton, ini akan menjadi keuntungan. Sebab, bermain di kandang dengan kehadiran pendukung adalah perasaan terbaik bagi pemain mana pun,” sambung pria berkebangsaan Norwegia itu.

Kebetulan kemenangan terakhir MU atas Liverpool di Anfield terjadi sekitar lima tahun silam. Ketika itu,The Red Devils menang tipis 1-0 berkat gol tunggal Wayne Rooney pada menit 78.

Rekor MU di Anfield juga tidak terlalu buruk. Juara 20 kali Liga Primer itu sukses merebut 25 kemenangan dari total 86 kunjungan. Jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan kemenangan Liverpool di Old Trafford.

Berkaca pada pertemuan, Liverpool sudah menjamu MUdi Anfield sebanyak sembilan kali pada bulan Januari di Liga Primer sepanjang sejarah. Rinciannya MU mencatatkan dua kemenangan dan empat kali kalah, sementara sisanya imbang.



Dengan rekor impresif di laga tandang selama setahun terakhir, MU jelas bakal mengancam catatan tidak terkalahkan Liverpool di Anfield. Apalagi, Paul Pogba dkk relatif terbebas dari masalah cedera dan larangan bermain sehingga bisa menurunkan kekuatan penuh.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1654 seconds (0.1#10.140)