Kebiasaan Unik Fabio Quartararo Sebelum Balapan yang Jarang Diketahui Penggemar

Senin, 01 Februari 2021 - 03:03 WIB
loading...
Kebiasaan Unik Fabio Quartararo Sebelum Balapan yang Jarang Diketahui Penggemar
Fabio Quartararo memiliki kebiasaan unik yang jarang diketahui orang/Foto/yamaha-racing.com
A A A
LESMO - Fabio Quartararo memiliki kebiasaan unik yang jarang diketahui orang yang dilakukan sebelum menjalani sesi latihan, kualifikasi, mau pun balapan di ajang MotoGP . Pembalap asal Prancis itu selalu ingin menjadi orang pertama yang menyalakan mesin motornya.

Biasanya, tugas tersebut diserahkan kepada mekanik. Tapi, tak jarang Fabio Quartararo melakukannya sendiri. Mantan pembalap tim satelit Petronas Yamaha SRT itu bahkan tidak segan memegang alat khusus untuk memantik mesin motor di garasi.

.Kepada laman resmi MotoGP, Fabio Quartararo mengungkap alasannya. El Diablo mengaku dirinya merupakan bagian dari tim dan ingin selalu terlibat dalam kerja tim, termasuk membantu mekaniknya dalam bekerja.

“Pada tes di Valencia (2018), saya bertanya apakah bisa mencoba menyalakan mesin motor. Semua kru tertawa karena mereka tidak mengerti mengapa ada pembalap mau melakukan hal itu,” ungkap Fabio Quartararo, dikutip dari Speedweek, Minggu (31/1/2021).

.
“Setiap kali saya berada di garasi dan melihat mekanik menyiapkan motor, saya selalu membantu mereka. Saya ini bukan hanya pembalap, tetapi juga bagian dari tim,” imbuh pembalap berusia 21 tahun tersebut.

Alasan Fabio Quartararo tersebut sungguh mulia. Ia sadar, tanpa kerja keras para mekanik, motornya tidak akan siap untuk dipakai balapan. Karena itu, Quartararo ingin selalu membantu mekaniknya untuk hal sekecil apa pun.

.“Tanpa para mekanik dan teknisi, motor saya tidak akan bekerja dengan optimal. Saya ingin menjadi bagian dari tim, bukan hanya pembalap yang naik ke atas motor dan mengendarainya di sirkuit,” lanjut Fabio Quartararo.

“Tim terasa seperti keluarga. Kami semua adalah manusia biasa, sama seperti anggota tim lainnya. Jika saya menang, sangat penting untuk menyebut kami sudah memenangi balapan, bukan hanya saya. Sebab, orang-orang bekerja sama kerasnya dengan saya,” tutup pembalap kelahiran Nice itu.

Ritual tersebut mungkin saja dilanjutkan oleh Fabio Quartararo pada Kejuaraan Dunia MotoGP 2021. Namun, aksinya itu baru akan terlihat setidaknya pada Tes Pramusim MotoGP 2021 di Sirkuit Internasional Losail, Qatar, pada Maret mendatang.

Jika benar dilanjutkan, maka kerja teknisi Tim Monster Energy Yamaha akan sedikit terbantu. Ya, Fabio Quartararo akan membela tim pabrikan Yamaha itu pada MotoGP 2021, menggantikan Valentino Rossi.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2157 seconds (0.1#10.140)