Liverpool Dilarang Masuk Jerman, Leipzig Terancam WO

Jum'at, 05 Februari 2021 - 15:01 WIB
loading...
Liverpool Dilarang Masuk Jerman, Leipzig Terancam WO
Liverpool tak dapat masuk ke Jerman/Foto/Twitter
A A A
LEIPZIG - Laga leg pertama RB Leipzig kontra Liverpool di babak 16 besar Liga Champions 2020/2021 bermasalah. The Reds tidak diizinkan masuk ke Jerman sebagai imbas pembatasan perjalanan yang ditetapkan Pemerintah Jerman. Atlet profesional tak mendapat pengecualian.

Menurut Goal, Jumat (5/2/2021), Jerman telah memberlakukan aturan ketat yang melarang perjalanan internasional dari negara yang dianggap berisiko tinggi akibat mutasi virus Corona. Inggris pun masuk dalam kategori tersebut sehingga aturan ini mengancam laga Leipzig vs Liverpool.

.
Adanya larangan perjalanan penerbangan ke Jerman dari wilayah berisiko ini akan berlangsung setidaknya hingga 17 Februari. Sementara laga RB Leipzig vs Liverpool dijadwalkan digelar pada 16 Februari 2021.

Karena itu, laga yang sedianya akan berlangsung di Red Bull Arena Leipzig tersebut terancam batal. Padahal sebelumnya, pada awal pekan, Kementerian Dalam Negeri Jerman (BMI) mengumumkan bahwa aturan tersebut mendapat pengecualian untuk atlet profesional.

.Namun, pada Kamis 4 Februari 2021, BMI mengonfirmasi bahwa pertandingan Liga Champions tidak akan mendapat izin pengecualian. Bahkan hal tersebut sudah diungkapkan langsung kepada Federasi Sepak Bola Jerman (DFB).

“Polisi Federal memberi tahu asosiasi (DFB) bahwa jadwal pertandingan itu tidak termasuk dalam keadaan luar biasa dari Undang-Undang Perlindungan Corona,” bunyi pernyataan BMI melansir dari Sport Information Service (SID).

.

Terkait hal ini, Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) telah memberi waktu kepada Leipzig hingga 8 Februari untuk mengatur rencana alternatif pertandingan. Berbagai kemungkinan pun bisa terjadi dalam hal ini.

Kedua tim mungkin bisa saja setuju untuk mengganti pertandingan kandang mereka. Jadi leg pertama pada 16 Februari akan dimainkan di Anfield, sementara leg kedua pada 10 Maret berlangsung di kandang Lepizig.

Namun, kemungkinan tersebut sangat kecil terjadi. Sebab, Liverpool sepertinya akan sulit menyetujui hal tersebut mengingat klub tidak ingin kehilangan keuntungan dari pertandingan kedua yang menentukan di kandang sendiri.

Sementara, laga dapat dimainkan di tempat netral di negara dengan pembatasan perjalanan yang tidak terlalu ketat. Sebut saja seperti Rusia dan Hungaria yang disarankan sebagai tempat tujuan yang mungkin untuk menggelar laga.

Meski begitu, UEFA juga bisa menyatakan Leipzig kalah walkover (WO) dalam laga ini andai hingga 8 Februari klub asal Jerman itu tidak menyerahkan opsi lainnya. Andai tidak ada solusi yang diberikan maka Liverpool akan mendapat kemenangan 3-0 pada leg pertama tersebut.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1985 seconds (0.1#10.140)