Mengulik Ukuran Lapangan Sepak Bola Standar Internasional

loading...
Mengulik Ukuran Lapangan Sepak Bola Standar Internasional
Sepak bola merupakan salah satu olah raga yang paling digemari di dunia. Namun, tidak semuanya mengetahui mengenai ukuran lapangan sepak bola. Foto: google
JAKARTA - Sepak bola merupakan salah satu olah raga yang paling digemari di dunia. Pertandingan yang melibatkan 22 pemain di lapangan yang sama ini kerap digelar setiap pekannya di kompetisi besar Eropa dan negara lainnya.

Baca Juga: Fiorentina Terancam ke Zona Merah Usai Ditekuk Inter, Prandelli: Lupakan Saja Ini!

Banyak orang yang begitu begitu bersemangat memberi dukungan kepada klub atau pemain idolanya. Tak sedikit pula diantara para fans yang juga juga ikut bermain sepak bola walau pada tujuannya hanya untuk sekedar mencari keringat.

Meski demikian, tidak semua orang tahun mengenai ukuran lapangan sepak bola, khususnya dengan standar internasional. Bahkan, mungkin saja ada pemain kelas dunia yang kurang memahami dengan hal yang satu ini.



Lalu berapakah ukuran lapangan bola yang seharusnya? Terutama untuk level internasional. Pada level internasional, tentu mereka harus mengacu pada aturan FIFA .

Umumnya ukuran lapangan sepak bola memiliki panjang sekitar 100 meter dan lebar 60 meter. Namun, untuk pertandingn resmi tentu, ada aturan tertentu untuk mengatur dimensi minimal dan maksimal.

Mengulik Ukuran Lapangan Sepak Bola Standar Internasional

Foto: google

Aturan FIFA menerapkan standar lapangan sepak bola internasional adalah panjangnya 100-110 meter. Sementara lebarnya 64-75 meter. Ada pun lingkar tengah memiliki radius 9,15 meter. Sedangkan ukuran kotak penalti adalah 40,3 x 16,5 meter.

Hal ini tentu berbeda dengan ukuran lapangan standar nasional yang lebih leluasa. Misal untuk panjangnya saja bisa berkisar 90-120 meter, sedangkan untuk lebarnya 45-90 meter.

Tentu saja, jika ingin mendapatkan standar internasional, maka lapangan tersebut harus mengikuti standar FIFA. Sejauh ini, beberapa stadion di Indonesia pun menerapkan aturan tersebut.



Sementara itu, untuk ukuran rumput, setiap lapangan harus memiliki tinggi 25-30 milimeter. Lapangan tersebut pun bisa menggunakan rumput alami atau sintesis.

Baca Juga: Antar Inter Kalahkan Fiorentina, Stellini: Conte Tetap Pemandu Kami!

Meski begitu, rumput lapangan juga dipotong dari sisi ke sisi untuk menghasilkan garis-garis yang terlihat. Tentu saja itu akan membantu asisten wasit untuk lebih mudah menemukan offside dengan memberikan referensi vertikal.
(mirz)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top