Kebakaran di Area Sirkuit, Pengelola Upayakan Gelar MotoGP Argentina 2021

Senin, 08 Februari 2021 - 04:00 WIB
loading...
Kebakaran di Area Sirkuit, Pengelola Upayakan Gelar MotoGP Argentina 2021
Kebakaran di Area Sirkuit, Pengelola Upayakan Gelar MotoGP Argentina 2021
A A A
TERMAS DE RIO HONDO - Musibah melanda Sirkuit Termas de Rio Hondo yang menjadi tuan rumah MotoGP Argentina . Bangunan utama sirkuit tersebut terbakar hebat pada Sabtu 6 Februari dini hari waktu setempat. Kebakaran tersebut dipastikan tidak menghambat persiapan menggelar MotoGP Argentina 2021.

Api pertama kali terdeteksi pada Jumat 5 Februari 2021 malam waktu setempat. Dengan cepat, si jago merah menghanguskan bangunan utama. Beruntung, Museum Otomotif Argentina yang juga berada di lokasi sirkuit, tidak tersentuh sama sekali.



Tim Pemadam Kebakaran Argentina membutuhkan waktu delapan jam guna menjinakkan api. Menurut keterangan salah satu petugas, api cukup sulit dipadamkan karena tiupan angin kencang.

“Tingginya kobaran api, ditambah tiupan angin kencang, memperluas area kebakaran, sehingga membuat kami sedikit kesulitan,” papar petugas yang namanya tidak diketahui itu, disitat dari Corse di Moto, Minggu (7/2/2021).

Hebatnya kobaran api menyebabkan dua orang petugas damkar mengalami cedera ringan. Sementara itu, kerugian diperkirakan menyentuh angka jutaan peso.
Kebakaran di Area Sirkuit, Pengelola Upayakan Gelar MotoGP Argentina 2021

Dalam pernyataan resminya, Direktur Sirkuit Termas de Rio Hondo, Hector Farina, menerangkan semua area garasi di bangunan utama hangus terbakar. Begitu juga dengan ruang konferensi pers serta VIP. Kendati baru ditimpa musibah, pihaknya akan tetap mengupayakan digelarnya MotoGP Argentina 2021.

“Kerugian secara ekonomi bisa ditutupi dengan asuransi penuh. Memang, butuh waktu lama untuk membangun kembali area-area penting yang terbakar habis. Kami tetap bersyukur karena tidak ada korban jiwa,” ujar Hector Farina.

“Kami ingin mengucapkan terima kasih atas semua dukungan serta pihak-pihak yang membantu memadamkan api. Kami akan segera bekerja keras untuk menghormati semua program yang sudah dijadwalkan, termasuk MotoGP pada November,” tutupnya.

Beruntung bagi pihak sirkuit, balapan MotoGP dipindah ke akhir November 2021. Biasanya, GP Argentina selalu digelar pada seri-seri awal Kejuaraan Dunia sejak masuk kalender pada 2016. Kali ini, pelaksanaan diundur ke bagan akhir kalender sebagai imbas pandemi Covid-19.

Pandemi Covid-19 pula yang menyebabkan MotoGP Argentina 2020 dibatalkan. Awalnya, seri tersebut ditunda. Dikarenakan aturan pembatasan perjalanan, dengan berat hati balapan dibatalkan.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1916 seconds (0.1#10.140)