Kalahkan Ronaldo, Messi Jadi Pemain Bola Terbaik Dekade 2011-2020

Rabu, 10 Februari 2021 - 14:05 WIB
loading...
Kalahkan Ronaldo, Messi Jadi Pemain Bola Terbaik Dekade 2011-2020
Penyerang Barcelona, Lionel Messi terpilih sebagai pemain bola terbaik dekade 2011-2020 versi IFFHS. La Pulga mengungguli rival beratnya, Cristiano Ronaldo. Foto: reuters
A A A
BARCELONA - Penyerang Barcelona, Lionel Messi terpilih sebagai pemain bola terbaik dekade 2011-2020 versi Federasi Internasional Sejarah dan Statistik Sepakbola (IFFHS). La Pulga mengungguli sejumlah nama besar, termasuk Cristiano Ronaldo yang jadi rival beratnya.



Awalnya, anggota IFFHS yang tersebar di seluruh dunia, memilih pemain terbaik setiap benua pada pekan lalu. Hasilnya, Messi terpilih sebagai yang terbaik dari Amerika Selatan. Sedangkan Cristiano Ronaldo menjadi yang terbaik di Eropa.

Nah, ketika keduanya diadu untuk menentukan siapa yang terbaik di dunia dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, Messi jadi pemenangnya. Sementara Ronaldo menempati urutan kedua. Andres Iniesta lantas melengkapi posisi tiga besar.

Pemilihan Messi terhitung cukup adil. Pemain berpaspor Argentina itu total mempersembahkan 21 trofi bergengsi buat Barcelona. Enam gelar LaLiga dan dua titel juara Liga Champions, sudah cukup menjadi tolok ukur.

Belum lagi, Messi bisa menyabet empat penghargaan Ballon d’Or. Itu menjadikannya sebagai pengoleksi terbanyak dengan total enam trofi. Dia mengungguli Ronaldo yang baru mengoleksi lima gelar.

Selain kalah dari jumlah Ballon d’Or, Ronaldo juga tertinggal secara prestasi. Pemain berusia 36 tahun itu hanya mengumpulkan 21 gelar bergengsi bersama klub (Real Madrid dan Juventus) serta dua titel juara buat Tim Nasional (Timnas) Portugal.

Karena itu, meski alam 10 tahun terakhir Ronaldo menyabet empat trofi Ballon d'Or, torehannya dianggap masih kalah dari Messi.

Iniesta yanga ada di tempat ketiga juga cukup sukses di lapangan hijau. Mantan gelandang Barcelona itu bergelimang prestasi sepanjang satu dekade terakhir. Selain bersama Barcelona, Don Andres memenangi satu trofi Piala Eropa (2012) bersama Timnas Spanyol.



Sedangkan posisi empat ditempati Neymar. Pemain berusia 29 tahun itu mencatat kesuksesan bersama Barcelona dan Paris Saint-Germain (PSG). Melengkapi lima besar, Sergio Ramos yang berperan penting bagi Real Madrid serta Timnas Spanyol sepanjang satu dekade terakhir.

Daftar 10 pemain terbaik satu dekade terakhir versi IFFHS:

1. Lionel Messi
2. Cristiano Ronaldo
3. Andres Iniesta
4. Sergio Ramos
5. Neymar Jr
6. Manuel Neuer
7. Robert Lewandowski
8. Gianluigi Buffon
9. Zlatan Ibrahimovic
10. Luka Modric
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2492 seconds (0.1#10.140)