Absen Semusim, Marc Marquez Menolak Digaji

Jum'at, 12 Februari 2021 - 03:03 WIB
loading...
Absen Semusim, Marc Marquez Menolak Digaji
Absen nyaris semusim di MotoGP 2020, Marc Marquez sadar diri/Foto/Instagram
A A A
AALST - Absen nyaris semusim di MotoGP 2020 , Marc Marquez sadar diri. Pembalap asal Spanyol itu menolak digaji untuk musim tersebut. Namun, Honda Racing Corporation (HRC), induk Repsol Honda , tetap membayar gajinya.

Marc Marquez absen pada 12 dari 14 seri Kejuaraan Dunia MotoGP 2020. Hal itu terjadi setelah dihantam cedera patah tulang humerus di lengan kanan atas. Cedera itu akibat lengannya terhantam ban belakang motor saat terjadi kecelakaan di Sirkuit Jerez-Angel Nieto.

.Saking parahnya cedera, Marc Marquez harus melalui tiga kali operasi bedah. Karena itu, The Baby Alien kemudian absen pada 12 seri tersisa Kejuaraan Dunia MotoGP 2020. Sadar kontribusinya untuk tim nol besar, sebuah tawaran diajukan Marc Marquez.

Melansir dari AS, Kamis (11/2021), juara dunia MotoGP enam kali itu menolak digaji HRC. Selain tak berkontribusi, pandemi Covid-19 juga memukul otot finansial semua tim, termasuk Honda.

.
Akan tetapi, inisiatif mulia itu malah ditolak HRC. Pabrikan asal Jepang tersebut tetap memenuhi kewajiban menggaji Marc Marquez sepanjang 2020. Sekadar informasi, jumlahnya bisa mencapai 15 juta euro (setara Rp254 miliar) per tahun.

Sebelum cedera, Marc Marquez sudah lebih dulu memperpanjang kontrak dengan HRC. Pembalap berusia 27 tahun itu akan tetap berada di HRC hingga Kejuaraan Dunia MotoGP 2024. Perpanjangan kontrak tentu saja diiringi dengan kenaikan gaji.

.

Kontrak baru itu efektif berlaku per Januari 2021. Karena hal tersebut, Marc Marquez semakin giat untuk memulihkan diri. Pembalap kelahiran Cervera tersebut sudah sangat gatal untuk kembali mengaspal.

Tanda-tanda dirinya semakin baik terlihat dari teaser yang diunggah oleh HRC terkait peluncuran tim untuk Kejuaraan Dunia MotoGP 2021. Dalam salah satu foto, Marc Marquez terlihat sudah mengenakan jaket balapnya dengan benar.

Tentu saja, belum ada kepastian soal kapan Marc Marquez kembali membalap. HRC memberi kelonggaran kepada sang pembalap untuk tetap memulihkan diri hingga kondisinya 100%, sebelum kembali naik motor RC213V.

Kuat dugaan Marc Marquez masih akan absen pada tes pramusim hingga beberapa seri awal MotoGP 2021. Pun begitu, dengan adanya pandemi Covid-19 dan aturan pembatasan perjalanan, seri perdana MotoGP 2021 bisa saja diundur seperti musim lalu.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1573 seconds (0.1#10.140)