Lorenzo Cemas Mental Marquez Akan Terganggu Akibat Cedera Panjang

Sabtu, 13 Februari 2021 - 11:05 WIB
loading...
Lorenzo Cemas Mental Marquez Akan Terganggu Akibat Cedera Panjang
Mantan Pembalap Repsol Honda, Jorge Lorenzo merasa kondisi mental Marc Marquez pasti terdampak akibat cedera parah yang dialaminya. Foto: instagram
A A A
LUGANO - Mantan Pembalap Repsol Honda, Jorge Lorenzo merasa kondisi mental Marc Marquez pasti terdampak akibat cedera parah yang dialaminya. Namun, disisi lai, The Baby Alien bisa semakin dewasa.

Marquez mengalami cedera patah tulang humerus di lengan kanannya saat seri pembuka MotoGP 2020 pada 19 Juli 2020. Pembalap asal Spanyol itu lalu menjalani operasi pertama pada 21 Juli di Barcelona. Selang tiga hari, dia sudah diizinkan naik motor lagi pada di GP Andalusia.



Keputusan tim medis MotoGP itu berakibat fatal. Marquez mundur dari lomba karena merasakan sakit. Ternyata, rider berusia 27 tahun itu membutuhkan operasi kedua pada awal Agustus. Cederanya tidak kunjung membaik hingga harus naik meja operasi lagi pada Desember silam.

Dari operasi ketiga, terungkap Marquez mengalami pseudoarthrosis. Kondisi itu terjadi ketika tulang tidak mampu memulihkan patahan setelah operasi kedua. Cederanya kini memang berangsur membaik.

Namun, cedera parah selalu mengandung risiko tersendiri. Lorenzo tahu betul mengenai dampak cedera. Sebab, dia memutuskan pensiun pada pengujung MotoGP 2019 gara-gara ancaman lumpuh permanen.

Tekanan seperti yang pernah dirasakan Lorenzo, diyakini bakal mengelayuti pikiran Marquez. Por Fuera yakin, sisi mental mantan rekan setimnya itu bakal terdampak. Meski demikian, masih ada sisi positif yang bisa diambil.

“Mungkin saya salah. Tetapi, dari pengalaman saya, itu akan sulit. Saya tidak tahu apakah lengannya bisa 100% sama seperti sebelum kecelakaan itu. Yang pasti, saya mendoakan dia bisa segera kembali,” papar Jorge Lorenzo, seperti dimuat Speedweek.

“Anda harus menunggu dan menanti bagaimana dia bisa kembali secara fisik dan mental. Setiap cedera besar, perlahan-lahan mempengaruhi aspek psikologi seseorang dan membuat Anda menjadi lebih waspada terhadap risiko,” lanjut pria asal Spanyol tersebut.

“Salah satu perubahannya adalah Anda akan keluar ke lintasan dengan mentalitas yang berbeda. Anda jauh lebih berhati-hati,” tukas pria berusia 33 tahun tersebut.



Selama ini Marquez dikenal sebagai pembalap yang berani mengambil risiko. Beberapa manuvernya terkesan berani. Dengan hantaman cedera tersebut, ada kemungkinan sikap tersebut perlahan-lahan terkikis.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1198 seconds (0.1#10.140)