Terima Nasib, Valentino Rossi Legowo Kini Bela Tim Satelit

Senin, 22 Februari 2021 - 05:30 WIB
loading...
Terima Nasib, Valentino Rossi Legowo Kini Bela Tim Satelit
Valentino Rossi akan membela Petronas Yamaha SRT di MotoGP 2021. Meski terkesan dibuang pabrikan Yamaha, The Doctor mencoba mengambil sisi positif. Foto: instagram
A A A
TAVULLIA - Valentino Rossi akan mengarungi MotoGP 2021 dengan membela tim satelit, Petronas Yamaha SRT. Meski terkesan dibuang pabrikan Yamaha, pembalap berjuluk The Doctor itu mencoba mengambil hikmah.



Rossi mengakui berpikir cukup lama sebelum mengambil keputusan untuk bergabung dengan tim satelit Yamaha itu. Namun, kini veteran berusia 42 tahun itu mencoba memahami situasinya dan mencoba mengambil sisi positif.

Menurutnya, bergabung dengan tim satelit tidaklah seburuk seperti yang dipikirkan oleh banyak orang. Ada beberapa hal bagus yang bisa menjadi keuntungan baginya. Salah satunya adalah soal persiapan dalam balapan.

Di tim pabrikan, yang menjadi fokus utama adalah mengembangkan motor. Walau kru yang bekerja lebih banyak, persiapan pembalap sejatinya sedikit terganggu karena fokus mereka terbagi. Ini mempengaruhi penampilan saat balapan.

Sedangkan di tim satelit hanya berfokus pada kinerja selama akhir pekan. Dengan demikian, Rossi bisa lebih fokus dalam mempersiapkan diri di setiap balapan demi meraih hasil terbaik. Artinya, peluang masuk podium akan lebih besar.

Pada MotoGP 2020 telah terbukti tim satelit Yamaha mendapat hasil yang lebih bagus ketimbang tim pabrikan. Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli masing-masing memenangkan tiga seri balapan.

“Menurut saya, ada keuntungan berada di tim pabrikan. Misalnya, ada lebih banyak orang yang bekerja terhadap sepeda motor. Tenaga kerja jumlahnya lebih banyak,” terang Rossi, sebagaimana dilansir Speedweek.

“Tapi ada juga kerugian bagi tim pabrikan karena ada banyak hal yang harus diuji untuk Yamaha sepanjang tahun ini. Karena pada akhirnya, tim pabrikan bertanggung jawab untuk pengembangan motor," lanjutnya.

Morbidelli tercatat sebagai pembalap Yamaha dengan hasil terbaik di MotoGP 2020 dengan menjadi runner-up di belakang Joan Mir. Padahal, dia membela tim satelit dan menggunakan motor Yamaha versi 2019.



“Di tim satelit, Anda hanya fokus pada kinerja selama akhir pekan. Dan kami telah melihat bahwa tim satelit tampaknya bekerja lebih baik daripada tim pabrikan belakangan ini,” pungkas legenda asal Italia itu.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1792 seconds (0.1#10.140)