Tips Jaga Stamina untuk Pemain Futsal Saat Bertanding

loading...
Tips Jaga Stamina untuk Pemain Futsal Saat Bertanding
Futsal telah menjadi salah satu olahraga yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Buktinya, lapangan futsal kini sudah tersebar di berbagai daerah hingga ke pelosok / Foto: MNC Media
JAKARTA - Futsal telah menjadi salah satu olahraga yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Buktinya, lapangan futsal kini sudah tersebar di berbagai daerah hingga ke pelosok.

Memiliki ukuran lapangan yang lebih kecil dari lapangan sepakbola, otomatis membuat pergerakan pemain menjadi nonstop. Maju-mundur pun pasti dilakukan pemain futsal . Nah, sebenarnya ada trik untuk menghemat energi. Dengan strategi yang baik, maka pemain dapat menjaga stamina hingga permainan selesai.

Asisten Pelatih Timnas Indonesia, Coach Sayan Karmadi memiliki tips khusus agar stamina pemain terjaga selama pertandingan berlangsung. "Setiap pemain harus lebih efektif dalam bermain," kata Coach Sayan.

Baca juga: Liga Futsal Profesional 2020 Dilanjut Akhir Maret di GOR UNY Yogyakarta



Permainan yang efektif, lanjut pria kelahiran Bekasi 20 April 1984 itu, adalah pemain bisa mengkondisikan situasi dan kondisi di dalam lapangan dengan sebaik-baiknya. Dengan demikian, stamina terjaga, begitu juga kinerja tim secara kolektif.

"Seperti pemain harus tahu kapan harus menggunakan kemampuannya, kapan dengan skill individu, kapan dengan tim atau kombinasi. Nah itu juga yang harus dan penting untuk mengatur staminanya itu," ungkap Coach Sayan.

Baca juga: Jelang PON Papua, Persiapan Tim Futsal NTB Sudah 100%



Untuk bisa maksimal dalam menjaga stamina, harus dimulai juga saat latihan. Menurut pria yang meraih Lisensi Pelatih AFC Futsal Level 2 pada 2017 ini, dengan mulai menjaga stamina saat berlatih, maka pemain akan terbiasa menjaga stamina saat bertanding.

"Itu semua juga harus dilakukan di latihan, jangan juga dilakukan langsung di pertandingan. Semua bisa terlihat di latihan. Nah, kalau di latihan, dicoba dan dilakukan dengan intensitas tinggi dan agresivitas maka nanti saat mereka bermain, mereka akan tahu apa yang harus dilakukan," kata dia.

Permasalahan melorotnya stamina kerap terjadi akibat kebanyakan pemain tidak melakukan hal-hal pada saat latihan seperti dalam suasana pertandingan sesungguhnya. "Itu yang jadi kendala buat beberapa pemain," cetus Coach Sayan.
(mirz)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top