Motor GSX-RR Tak Banyak Perubahan, Begini Penilaian Joan Mir

Minggu, 07 Maret 2021 - 16:02 WIB
loading...
Motor GSX-RR Tak Banyak Perubahan, Begini Penilaian Joan Mir
Juara dunia Joan Mir siap mempertahankan gelar di MotoGP 2021/Foto/dok
A A A
DOHA - Pandemi Covid-19 memaksa tim-tim kontestan MotoGP 2021 terbatas dalam pengembangan dan peningkatan performa tunggangan para rider-nya. Akibatnya, motor yang akan digunakan sejumlah pembalap di musim 2021 ini tak terlalu jauh berbeda dengan musim lalu.

Suzuki termasuk yang tak banyak melakukan perubahan. Mengetahui fakta tersebut, juara dunia MotoGP 2020 Joan Mir mengaku legowo. Rider Suzuki Ecstar itu menerima dengan lapang dada bila motor yang akan digunakan di MotoGP 2021 tak berbeda jauh dari apa yang ditungganginya pada 2020.

.

Apalagi dengan motor GSX-RR 2020 itu, Mir justru dapat keluar sebagai juara dunia. Jadi, Mir takkan terlalu kecewa bila tak ada perubahan sama sekali terhadap motornya nanti.

Toh, tim-tim lain juga merasakan nasib yang sama seperti Suzuki Ecstar. Jadi, Mir merasa tak adanya perkembangan yang signifikan di motor GSX-RR bukan menjadi masalah yang amat besar untuknya.

.

Meski tak ada perkembangan yang begitu besar, namun Mir tahu bahwa Suzuki sudah melakukan beberapa perbedaan yang dapat memaksimalkan motornya nanti. Dengan begitu, Mir sebenarnya benar-benar tak khawatir dengan performa motornya jelang menghadapi MotoGP 2021.

“Saya mengenang motor GSX-RR saya tahun lalu dengan perasaan yang sangat baik. Keterbatasan pada pengembangan (motor) mencegah langkah besar untuk melakukan peningkatan (untuk MotoGP 2021),” kata Mir, melansir dari laman resmi MotoGP, Minggu (7/3/2021).

Baca juga: Tim VR46 Bisa Serobot Posisi Petronas SRT di MotoGP .

“Akan tetapi ,saya yakin bahwa departemen R&D di Suzuki dan teknisi dan mekanik trek kami telah menemukan beberapa langkah untuk tetap meningkatkan hal-hal yang bisa dikembangkan,” tambah rekan setim Alex Rins itu.

Selain itu, Mir pun merasa justru semakin tertantang dalam menghadapi MotoGP 2021. Ia sebenarnya merasa bukan sebagai favorit juara di MotoGP 2021. Namun karena ia sang juara bertahan, maka akan ada banyak pembalap yang akan mencoba mengalahkannya dan hal itu membuatnya bersemangat.

“Saya tampil di MotoGP 2021 sebagai pria yang harus dikalahkan (oleh pembalap lainnya), dan yang pasti ada beberapa tekanan yang saya rasakan. Sejujurnya saya tidak keberata (mendapatkan tekanan),” tambah Mir.

“Saya melihatnya sebagai hal yang positif karena tekanan selalu memberi saya dorongan ekstra daripada membuat saya terpuruk,” pungkas rider asal Spanyol tersebut.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1983 seconds (0.1#10.140)