AFC Futsal Championship Batal, Coach Ken: Saya Hanya Bisa Mempersiapkan Diri

Minggu, 07 Maret 2021 - 13:48 WIB
loading...
AFC Futsal Championship Batal, Coach Ken: Saya Hanya Bisa Mempersiapkan Diri
Pelatih Timnas Futsal Indonesia, Kensuke Takahashi. Foto: MNC Media
A A A
JAKARTA - Association Football Confederation (AFC) sudah resmi membatalkan AFC Futsal Championship Kuwait 2020 karena pandemi yang tak kunjung usai.

Atas keputusan itu, Pelatih Timnas Futsal Indonesia , Kensuke Takahashi pasrah dan mengaku tidak memiliki banyak pilihan untuk mewujudkan impian besarnya bersama Timnas Futsal Indonesia sejak ditunjuk menjadi pelatih pada tahun 2018 lalu.



Bahkan, Coach Ken, begitu biasa dia disapa, belum memiliki gambaran apapun saat dia mendengar kabar bahwa pemerintah sudah melaksanakan vaksinasi atlet pada gelombang pertama bulan lalu. "Saya tidak tahu, kalau bisa dilakukan TC (training center) saya ingin lakukan," katanya.

Harapan Coach Ken tentu bukan tanpa alasan. Saat ini dia hanya bisa berkomunikasi daring dengan penerjemah dan pelatih fisik untuk mendengar laporan perkembangan atlet timnas sesuai dengan jadwal dan porsi latihan masing-masing atlet.

Namun hal tersebut dinilai tidak cukup, karena perkembangan seorang atlet membutuhkan juga pertandingan untuk mengasah naluri atlet dalam menghadapi tekanan pertandingan sebenarnya.

"Sulit untuk mengatur dan memantau ini karena tidak ada pertandingan. Saya hanya bisa bertanya dari staf masing-masing tim. Saya ingin melihat kondisi dan perkembangan dengan baik saat liga dimulai."

Sebelumnya, Ketua Umum Federasi Futsal Indonesia (FFI) , Hary Tanoesoedibjo mengatakan pihaknya akan menghormati keputusan AFC. FFI akan menentukan sikap apabila Piala Dunia Futsal 2021 di Lithuania tetap dilaksanakan sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

"Sebaiknya kita menunggu keputusan AFC karena soal wakil Asia di Piala Dunia Futsal ini adalah hak prerogatif AFC. Kalau Indonesia tentu ingin ke Lithuania melalui pertandingan kualifikasi. Lagi pula kita juga perlu melihat perkembangan pandemi. Dengan munculnya berbagai varian baru virus Corona, apakah dunia punya waktu yang cukup untuk mengatasi pandemi?"

Kecuali wakil Asia, sampai saat ini sudah 14 negara memastikan lolos kualifikasi Piala Dunia Futsal 2021. Mereka adalah perwakilan zona CONMEBOL, zona Concacaf, Zone Oceania, zona Afrika dan Zona Eropa, plus Lithuania sebagai tuan rumah.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1614 seconds (0.1#10.140)