Dua Kali Menangi laga Uji Coba, Timnas Indonesia U-23 Dapat Pujian

Senin, 08 Maret 2021 - 06:30 WIB
loading...
Dua Kali Menangi laga Uji Coba, Timnas Indonesia U-23 Dapat Pujian
Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23 memamerkan tajinya dengan meraih kemenangan 3-1 saat latih tanding kontra Bali United. Garuda Muda lalu mendapat pujian. Foto: PSSI
A A A
JAKARTA - Laga uji coba antara Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23 dan Bali United di Stadion Madya, Senayan, Jakarta (7/3) berjalan ketat. Garuda Muda memamerkan tajinya dengan meraih kemenangan 3-1.



Beberapa pemain yang tidak diturunkan pada latih tan ding pertama (5/3) melawan PS Tira Persikabo (5/3) kali ini diturunkan pelatih Shin Tae-yong. Seperti Evan Dimas Darmono dan Osvaldo Ardiles Haay.

Masuknya dua pemain senior ini membuat lini tengah lebih hidup. Skor 3-1 menutup laga. Gol Timnas Indonesia U-23 dicetak K. H Yudo menit ke-35, Koko Ari menit ke-70 dan Osvaldo Haay menit ke-75. Sementara klub Liga 1 itu mencetak go balasa melalui Lerby Eliandri menit ke-83.

Dalam laga ini, Bali United diperkuat tiga pemain Timnas Indonesia U-23, yakni kiper Nadeo Argawinata, Irfan Jauhari, dan Saimina. Namun, mereka baru dimainkan pelatih Stefano Cugurra di babak kedua. Ketiganya dikembalikan ke Bali United karena kekurangan pemain.

Shin Tae-yong sudah mengizinkan tiga pemain ini untuk sementara kembali lagi ke Bali United. Pasalnya, Serdatu Sridatu sedang bersiap menyambut turnamen pra-musim Piala Menpora 2021 yang dilanjutkan Liga 1.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan tidak menentang keputusan Shin Tae-yong. Sebab, meski dikembalikan dulu ke Bali United, ketiganya masih menjadi anggota Timnas Indonesia U-23. Terlebih mereka juga ikut tampil di laga uji coba.

"Ya tidak apa-apa. Mereka kan statusnya sebenarnya adalah pemain timnas. Ini hanya karena Bali United kekurangan pemain. Mereka juga dipantau oleh pelatih. Pelatnas ini masih panjang. Setelah Piala Menpora mereka akan kembali ke pelatnas untuk bergabung dengan pemain lainnya,'' katanya, dilaman resmi PSSI.

Iriawan pun mengapresiasi Timnas Indonesia U-23 dan Bali United yang bermain ngotot meski laga hanya berstatus uji coba. Menurutnya Kadek Agung dkk terus menunjukkan kemajuan dari sisi performa dan fisik, meskipun belum 100%.

Nyatanya Timnas Indonesia U-23 bisa sukses memenangi dua laga uji coba yang dijalani Sebelumnya, mereka berhasil mengalahkan Tira Persikabo yang juga tim dari Liga 1 dengan skor 2-0. ''Fisik menurut Shin Tae-yong masih dikasaran 60%-70%,” jelas Iriawan

“Ini wajar karena mereka lama vakum setelah Liga 1 dan 2 tidak berjalan selama satu tahun terakhir. Tetapi, Anda lihat, meskipun di 20 menit awal, tim Indonesia U-23 kesulitan untuk menembus pertahanan Bali United, masuknya Adam Alis membuat lini tengah makin hidup,'' imbuhnya.

Dalam laga ini striker Indonesia U-23 Muhammad Rafli harus diganti di pertengahan babak pertama karena cedera lutut. Pemain asal Arema FC ini kemudian digantikan Kushedya Hari Yudo yang kemudian menyumbang satu gol.

Selanjutnya, para pemain akan dikembalikan ke klub masing-masing untuk mengikuti Piala Menpora yang dimulai 21 Maret. Empat kota akan menjadi tuan rumah, yakni Surakarta (Jawa Tengah), Sleman (DIY), Malang (Jawa Timur), dan Bandung (Jawa Barat).



Pemain akan kembali berkumpul selepas Piala Menpora. Setelah itu kembali dibubarkan dan kembali ke klub masing- masing karena Liga 1 dan 2 akan mulai bergulir setelah Idul Fitri 2021.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1658 seconds (0.1#10.140)