Mengenal Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional

loading...
Mengenal Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional
Mengenal Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional
JAKARTA - Mengenal ukuran lapangan futsal standar nasional di Indonesia akan menambah pengetahuan Anda tentang “adik” dari sepakbola ini. Futsal sangat mirip dengan sepak bola yang cara memenangkan pertandingannya adalah dengan mencetak lebih banyak gol ketimbang lawan.

Namun, terdapat perbedaan dalam beberapa hal, seperti aturan dan sarana yang dibutuhkan. Futsal dan sepakbola sama-sama dimainkan di lapangan, tetapi dengan ukuran berbeda. Okezone akan membahas ukuran lapangan futsal standar nasional.

Baca Juga: AFC Futsal Championship Batal, Coach Ken: Saya Hanya Bisa Mempersiapkan Diri

Ukuran lapangan futsal standard nasional memiliki panjang antara 25 m (minimal) hingga 42 m (maksimal) dan lebar 15 m (minimal) sampai 25 m (maksimal). Lalu, jari-jari lingkaran bagian tengah berukuran 3 m.
Mengenal Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional

Itu adalah ukuran lapangan futsal standar nasional secara umum. Mari bahas lebih spesifik ke area penalti yang menjadi wilayah kekuasaan kiper.

Garis daerah penalti dibuat dengan dua garis seperempat lingkaran yang memiliki jari-jari 6 meter. Titik pusat dari garis itu diambil dari ujung tiang sisi kiri dan kanan. Lalu, titik penalti pertama berjarak 6 m dari gawang, sedangkan titik penalti kedua berjarak 10 m.
Mengenal Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional

Setelah area penalti, saatnya membahas wilayah pergantian pemain. Wilayah ini berjarak 5 m dari garis tengah lapangan yang memisahkan kedua bidang permainan. Panjang wilayah pergantian pemain adalah 5 m dengan lebar garis 8 cm dan panjang garis pembatas 80 cm (40 cm masuk ke area dalam lapangan dan 40 cm di area luar lapangan).



Mari beralih ke area sepak pojok yang terletak di keempat sudut lapangan futsal. Area sepak pojok dibentuk dari garis seperempat lingkaran dengan jari-jari 25 cm yang titik tengahnya berada pada sudut lapangan.
Mengenal Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional

Lalu, wilayah terakhir untuk dibahas adalah area bebas yang menjadi tempat wasit ketiga untuk mengamati pertandingan dan mencatat waktu. Area ini berjarak minimal 2 m dari gari tepi lapangan dengan ukuran 5 m dari garis tengah lapangan untuk setiap bidangnya.

Itu adalah penjelasan singkat tentang ukuran lapangan futsal standar nasional. Dengan demikian, Anda lebih mengenal futsal yang merupakan salah satu olahraga favorit di Indonesia.
(sha)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top