TNI Akan Bantu Aprilia Manganang Ubah Statusnya

Selasa, 09 Maret 2021 - 19:57 WIB
loading...
TNI Akan Bantu Aprilia Manganang Ubah Statusnya
TNI Akan Bantu Aprilia Manganang Ubah Statusnya
A A A
JAKARTA - Mantan pevoli Tanah Air yang sekarang menjabat Sersan Dua (Serda), Aprilia Manganang, dikonfirmasi sebagai laki-laki sejati oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa . Oleh sebab itu, TNI akan membantu anggotanya tersebut untuk mengubah status jenis kelaminnya dari perempuan menjadi laki-laki.

Aprilia sempat mencuri perhatian ketika membela Tim Nasional (Timnas) voli putri Indonesia di Asian Games 2018 . Sebab, parasnya yang menyerupai laki-laki.



Publik pun ikut bertanya-tanya soal sosok Aprilia, bahkan sampai sekarang ketika dia telah pensiun. Akan tetapi, rasa penasaran publik terjawab karena Aprilia memang laki-laki sejati.

Jadi, sejak lahir, Aprilia menderita Hipospadia, sebuah kondisi langka ketika lubang urinpenis ada pada bagian bawah dan bukannya di ujung. Hipospadias adalah kondisi bawaan yang relatif jarang.

Kebanyakan kelainan ini tidaklah parah. Akan tetapi, kasus Aprilia termasuk dalam kategori 10 persen yang serius sehingga butuh penanganan serius pula.

Kelainan Aprilia tidak ditangani dengan maksimal karena ketidakpahaman dan kondisi ekonomi keluarganya yang kurang mampu. Alhasil, hingga berumur 28 tahun, dia mendapatkan status perempuan.



Setelah dikonfirmasi sebagai laki-laki, Aprilia harus mengubah statusnya dalam segala hal terkait administrasi kependudukan melalui jalur hukum. TNI telah menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan, untuk membantu Aprilia mendapatkan statusnya.

"Kita telah menyiapkan dokumen-dokumen untuk membantu Sersan Manganang agar mendapatkan apa yang dimau, yaitu kita bantu penuhi syarat-syarat dalam Undang-Undang No. 23 Tahun 2006 tentang administrasi kependudukan," kata Jenderal TNI Andika Perkasa.

Sementara itu, Aprilia sukses menjalani corective surgery pertama untuk menangani kelainannya di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. Rencanannya, ada satu corective surgery lagi yang akan dijalani Aprilia.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2584 seconds (0.1#10.140)